Alat Batik : Canting Cap, Alat Pembuatan Batik Cap

0 401

Canting cap adalah sebuah alat yang digunakan untuk proses pembuatan batik cap. Canting cap pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan dari plat / lempengan tembaga, tapi ada juga dari bahan kayu dan bahan kertas daur ulang. Pembuatan canting cap dilakukan oleh ahli pembuat canting cap, rata- rata 20 cmx20 cm, tapi ada juga untuk ukuran 10 cmx10 cm bagi yang baru belajar batik cap. Permukaan canting cap menggunakan bahan lempengan tembaga tipis dengan maksud untuk mudah dibuat pola dan tahan pada panas.

Inovasi terbaru dari canting cap itu sendiri yaitu pembuatan canting cap dari kertas. Canting cap kertas bertujuan untuk mempercepat proses pembatikan dan mengejar waktu pengerjaan dalam membatik. Proses pembatikan dengan canting cap sama dengan proses menggunakan canting tulis, makin banyak warna yang dibutuhkan maka banyak pula proses pemberian malam, pewarnaan, pencelupan yang dilakukan.Tapi dalam hal kerumitan, ketelitian dan keseluruhannya tidak sebagus dengan batik tulis.

Canting cap ini juga banyak digunakan untuk kombinasi dengan batik tulis. Dari segi pembuatan memang cukup sulit dan lama, karena terdiri dari beberapa cara yaitu mendesain terlebih dahulu motif yang kita inginkan, lalu di print dan diberikan kepada si pengrajin untuk di rangkai ke dalam bentuk motif (tembaga, plat dan kayu), begitu pula diukir untuk (kayu), semua.

Source Blog blog.astoetik.com/canting-cap
Comments
Loading...