Alasan Menggunakan Pewarna Alami pada Batik

0 205

Alasan Menggunakan Pewarna Alami pada Batik

Dalam membuat karya batik pewarna menjadi salah satu elemen penting untuk menciptakan karya seni batik yang indah dipandang mata. Bahan pewarna alami batik manjadi salah satu pilihan untuk menghasilkan warna-warna batik klasik alami, meski zat pewarna alami batik semakin sulit didapatkan namun beberapa bahan-bahan ini masih bisa diperoleh di sekitar kita ataupun membelinya di pasar-pasar tradisional. Berikut alasan mengapa para pengrajin batik lebih memilih pewarna alami pada batik :

  • Alasan Pertama

Penggalakan penggunaan pewarna alami pada batik adalah pencemaran lingkungan dan efek samping pemakaiannya. Bahkan beberapa negara di Eropa seperti Belanda dan Jerman, telah melarang penggunaan zat warna kimia untuk pabrik clothing (pakaian), footwear (alas kakii), dan bedlinen (sprei dan sarung bantal), yang tertuang dalam CBI (Centre for the promotion of Imports from Developing Countries).

  • Alasan Kedua

Pewarna alami yang diambil dari alam, adalah Renewable Resources (sumber daya yang terbarukan), sehingga tidak akan pernah habis asal kelangsungan bahan baku diperbarui. Manfaatnya lagi membuka kesempatan kerja dengan pembudidayaan tanaman untuk bahan pewarna alami batik atau tekstil pada umumnya.

  • Alasan Ketiga

Bahan Baku pewarna alami yang berasal dari Tumbuhan, tersedia melimpah di bumi Indonesia, dan beberapa diantaranya adalah tumbuhan perdu dan liar, yang tumbuh dengan sendirinya tanpa dibudidayakan.

Penggunaan pewarna alami yang sudah semakin meluas, akan menyebabkan bahan pewarna alami yang berasal dari Tumbuhan akan bernilai ekonomi tinggi, sehingga masyarakat akan tertarik untuk membudidayakannya.

Source Alasan Menggunakan Pewarna Alami pada Batik Batik
Comments
Loading...