Alasan Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak

0 120

Alasan Kenapa PNS Wajib Pakai Batik Sedangkan Karyawan Swasta Tidak

Penetapan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober berawal dari penetapan batik oleh UNESCO, sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Setelah penetapan tersebut, Indonesia menetapkannya sebagai Hari Batik Nasional. Penetapan Hari Batik Nasional ini juga tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 Penetapan Hari Batik Nasional ini merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional.

Sebab, pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan dunia terhadap mata budaya Indonesia. Tujuan lainnya tentu saja untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia. Dalam pernyataannya saat mengumumkan batik sebagai Warisan Budaya Dunia, UNESCO mengatakan bahwa batik Indonesia, atau ‘teknik, simbolisme dan budaya di seputar proses pewarnaan menggunakan tangan pada kain katun atau sutra telah merasuki kehidupan orang Indonesia dari kelahiran sampai kematian’.

UNESCO mencatat bahwa bayi-bayi digendong menggunakan kain batik yang didekorasi dengan simbol yang dirancang untuk membawa keberuntungan bagi si anak, jenazah pun ditutupi dengan kain batik. Pakaian dengan desain sehari-hari dipakai secara teratur dalam dunia bisnis dan akademis, namun motif batik lain secara khusus dimasukkan ke acara perayaan seperti pernikahan, upacara kehamilan, dan pertunjukan wayang. UNESCO juga mencatat bahwa batik diwarnai oleh para perajin yang menggambar desain dengan titik dan garis serta lilin panas. Dan motif-motif yang digunakan mencerminkan beragam pengaruh, seperti kaligrafi Arab, buket bunga Eropa, dan burung phoenix khas Cina, serta pohon sakura Jepang dan merak India atau Persia. Tradisi ini, menurut UNESCO, menunjukkan bahwa batik adalah identitas budaya orang Indonesia dan lewat makna simbolik warna serta motifnya, menunjukkan kreativitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Alasan PNS Wajib Pakai Batik

Nah, sekarang balik lagi nih ke pembahasan awal tentang “Kenapa PNS diwajibkan pakai batik?” Ketentuan tentang pakaian dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) tertuang dalam Permendagri Nomor 6 Tahun 2016 tentang pakaian dinas pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Kemdagri dan Pemda. Dalam ketentuan tersebut tertuang penggunaan batik  selama dua hari sepekan, yakni Kamis dan Jumat.

Menurut Yuswandi A Temenggung, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) alasan PNS mengenakan pakaian batik ini bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal. Maka dari itu, dapat saja tidak pakai batik, tapi mengenakan pakaian khas daerah setempat sebagai baju dinas PNS.

Source https://www.sofi.co.id/ https://www.sofi.co.id/blog/pns-diwajibkan-pakai-baju-batik/?utm_source=kaskus&utm_medium=referral&utm_campaign=article&utm_term=blog-dunia-kerja&utm_content=pakai-baju-pns
Comments
Loading...