infobatik.id

Alasan Batik Tulis Itu Mahal

0 135

Alasan Batik Tulis Itu Mahal

Batik telah ada sejak zaman kerajaan berkuasa di tanah Jawa. Batik pada awalnya merupakan kesenian yang hanya ada dalam lingkungan keraton. Namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini kita telah dapat menggunakan baju batik dengan berbagai macam desain kapanpun yang diinginkan. Batik telah berkembang pesat dalam berbagai segi, baik itu motif batik maupun proses pembuatannya. Proses pembuatan batik yang umum diketahui saat ini ada tiga jenis yaitu dibuat dengan teknik batik tulis, batik cap dan juga batik printing. Dari ketiga jenis pembuatan batik tersebut, batik tulis merupakan batik yang memiliki harga jual paling mahal.

Harga jual kain batik dan juga berbagai model Batik Tulis yang mahal ini bukan tanpa sebab. Berbagai hal dalam proses produksi dan juga bahan yang dipakai, membuat Batik Tulis menjadi kain dengan kualitas yang sangat tinggi serta memiliki nilai seni yang tak ternilai. Proses pembuatan batik dengan cara ini membuat kain batik proses pembuatan nya sangat cepat dan dapat dijual dengan harga yang sangat murah. Untuk kain batik printing dapat dibeli dengan harga yang hanya puluhan ribu saja.

Berikut ini adalah beberapa alasan Batik Tulis mahal :

  • Proses pembuatan batik tulis ini dilakukan secara manual oleh tangan manusia. Sehingga setiap goresan yang ada pada kain batik tersebut juga merupakan curahan jiwa dan rasa seni sang pembuat batik tersebut. Proses pembuatan batik yang masih secara tradisional ini membuat setiap motif batik menjadi memiliki ciri uniknya masing masing. Perbedaan tarikan garis dan juga besar atau kecil bentuk suatu motif akan membentuk setiap kain batik tulis memiliki perbedaan dengan kain batik tulis lainnya. Hal ini lah yang membuat batik tulis disebut juga sebagai karya seni dengan nilai yang sangat tinggi.
  • Dalam proses pembuatan batik dengan teknik tulis, para seniman batik akan menggunakan alat yang bernama canting tulis. Alat yang bernama canting ini digunakan dalam meneteskan lilin malam pada permukaan kain. Pekerjaan membatik merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan juga ketekunan yang sangat tinggi. Maka dari itu tidak sembarang orang yang dapat membuat kain batik dengan motif yang indah. Proses pemberian malam pada kain batik ini pada umumnya dilakukan beberapa kali. Proses ini dilakukan untuk menutupi permukaan kain ketika kain tersebut dicelup untuk diwarnai. Jumlah warna yang diinginkan menentukan berapa kali proses mencanting ini dilakukan.
  • Bahwa proses pembuatan batik ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini memang benar, untuk satu lembar kain batik tulis, terkadang proses pembuatan nya membutuhkan waktu 1 hingga enam bulan untuk menjadi kain batik tulis yang siap jual. Proses pembuatan yang lama ini disebabkan oleh rumit nya proses pembuatan batik secara tradisional. Dengan proses pembuatan batik yang benar dan baik akan menghasilkan kain batik tulis yang memiliki kualitas yang sangat baik juga.
  • Proses pembuatan batik tulis ini membutuhkan orang yang memiliki jiwa seni yang tinggi dan memerlukan pembelajaran yang khusus sehingga seseorang dapat menjadi seniman batik tulis yang mahir. Pada umumnya seniman batik tulis ini mempelajari teknik batik mereka secara turun temurun dalam keluarga.
  • Batik Tulis merupakan sebuah karya seni. Hal ini lah yang membuat satu lembar kain batik tulis dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi. Nilai seni yang terkandung dalam motif batik tulis menjadi salah satu daya tarik para konsumen untuk memiliki kain batik tulis walaupun dijual dengan harga yang sangat tinggi.
Source Alasan Batik Tulis Itu Mahal Batik
Comments
Loading...