Alasan Batik Tulis Dihargai Mahal

0 138

Alasan Batik Tulis Dihargai Mahal

Batik merupakan busana pesohor asal Indonesia yang saat ini sedang booming. Terutama batik tulis. Batik tulis termasuk hasil kesenian membatik yang disukai oleh banyak kalangan. Progres ini dimulai sejak UNESCO berhasil meresmikan batik Indonesia sebagai situs warisan budaya dunia yang menjadi indikasi betapa kokohnya keberadaan Batik Indonesia di mata alam raya. Berikut ini alasan kenapa batik sangat mahal.

Tak Ada Pengulangan Gambar Pada Kain

Batik tulis dijual dengan harga mahal karena dalam setiap penulisan polanya tidak bisa diulang. Karena kalau diulang pada kain yang berbeda, maka hasilnya tidak akan pernah sama. Selain itu batik tulis digores langsung dengan tangan sehingga posisi motif lebih luwes dan ukuran garisnya  lebih ramping

Proses Pengerjaan  Menggunakan Canting Berisi Malam Panas

Keunggulan batik tulis dibandingkan batik jenis lain adalah dalam setiap pengerjaannya dibutuhkan ketahanan tubuh. Sebab, canting yang digunakan berisi tinta malam yang panas. Jadi para pembatik ini harus membagi rasa antara ketelitian, kesabaran dan ketahanan akan rasa panas di tangan.

Unggul dalam Hal Warna

Batik cap biasanya memiliki latar warna yang akan pudar. Sedangkan batik tulis justru memiliki warna yang cerah dengan gradasi dan ketajaman yang ideal.

Proses Pengerjaannya lama

Batik tulis memiliki waktu penyelesaian cukup lama. Bahkan untuk menghasilkan satu batik saja dibutuhkan waktu sampai berbulan bulan. Sedangkan batik cap tidak demikian. Karena batik cap bisa dibuat dengan mudah. Bahkan untuk menghasilkan 100 batik dalam satu bulan juga bisa.

Source https://version2pt0.wordpress.com/ https://version2pt0.wordpress.com/2016/12/28/keistimewaan-dibalik-harga-mahal-batik-tulis/
Comments
Loading...