Akik Motif Batik Gegerkan Bangkalan

0 20

Akik Motif Batik Gegerkan Bangkalan

Desa Bregeng, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Madura, digegerkan penemuan bongkahan batu akik.

Tidak hanya ukurannya yang besar, motif pada batu mirip batik itu membuat banyak warga penasaran. Bongkahan batu akik itu ditemukan di dua lokasi berbeda. Pertama, batu akik ditemukan di pekarangan rumah milik Mad Niat. Sementara lokasi kedua di sebuah bukit milik Tijen. “Masyarakat di sini memang menemukan bongkahan batu akik beberapa bulan yang lalu,” kata Kepala Desa (Kades) Bregeng, Busri Syukur, kemarin.

Dia menjelaskan, penemuan batu akik itu bermula ketika warga menggali tanah untuk fondasi. Namun, dalam tanah itu terdapat bongkahan batu. Awalnya, masyarakat tidak tahu jika batu yang ditemukan akik. Tetapi, setelah diteliti seksama merupakan batu akik. Sebab batu yang ditemukan berbeda dengan pada umumnya seperti bermotif. Jumlah bongkahan batu akik yang dite-mukan banyak.

Adapun motif batu akik itu bermacam-macam meliputi batik dan kristal yang berwarna kuning serta kecokelatan. Adanya kabar penemuan batu akik itu, banyak warga ke lokasi untuk melihat keberadaannya. Maklum, saat ini masyarakat sedang demam batu akik. “Ukuran bongkahan batu akik yang ditemukan bervariasi, ada yang berdiameter 20 cm dan ada pula berdiameter 30 cm,” ujar dia.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/985547/151/akik-motif-batik-gegerkan-bangkalan-1428289612
Comments
Loading...