Akan Tampil di London Fashion Week 2018, Batik Trenggalek “Go International”

0 29

Akan Tampil di London Fashion Week 2018, Batik Trenggalek “Go International”

Dalam upaya untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan keindahan batik khas nusantara di kancah internasional, desainer asal Surabaya, Lia Afif, tertarik akan keunikan serta keindahan batik khas Trenggalek, Jawa Timur. Maka dari itu, desainer yang berpengalaman di bidang busana muslim ini akan membawa batik khas Trenggalek di ajang berskala internasional, yakni pekan mode London atau disebut dengan London Fashion Week 2018.

Sekitar 15 model busana muslim paduan batik khas Trenggalek nantinya akan dibawa ke ajang bergengsi yang diselenggarakan mulai tanggal 16 hingga 20 Februari 2018 itu. “Yang saya bawa ke London Fashion Week ada 15 outfit (keseluruhan item), yang di-show-kan ada sekitar 10 outfit,” ujar desainer Lia Afif, Minggu. Warna alam batik khas Trenggalek terlihat lebih istimewa ketika dipadukan dengan aneka warna jenis kain yang senada sehingga corak batik terlihat lebih tegas nan alami. Dalam setiap gaun, terdapat aksesori sejenis bebatuan warna-warni serta unsur logam menghiasi bagian tengah busana muslim.

Sejumlah peragawati melakukan uji coba gaun di salah satu lokasi wisata alam, yakni Dilem Wilis yang terletak di Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. “Yang diperagakan ini adalah gaun batik Trenggalek, yang nantinya akan saya bawa ke London. Sekaligus untuk preview gaun busana muslim etnik glamor ini,” papar Lia. Motif batik khas Trenggalek mempunyai aneka corak yang unik, yakni motif cengkeh, motif urian, motif manggis, serta motif jaranan turangga yakso.

Ke-15 model busana muslim yang akan disajikan di ajang pekan mode London ini diambil dari perajin batik yang tersebar di wilayah Trenggalek. “ Batik Trenggalek unik, motifnya bagus, dan pilihan warnanya yang saya suka,” ucap Lia. Menurut dia, batik Trenggalek sangat unik dengan warna alamnya. Pengerjaan yang rumit serta corak warna yang timbul dari warna alam membuat Lia tertarik untuk mendesain dan diikutkan dalam ajang London Fashion Week 2018. “Kebetulan saya suka wastra nusantara yang menggunakan warna alam, dan kita tahu pengerjaan warna alam sangat susah,” tutur Lia.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini menjelaskan, batik khas Trenggalek sangat istimewa dan layak untuk dipasarkan maupun ditunjukkan di kancah internasional.  “Mba Lia Afif salah satu desainer nasional, sekaligus teman saya sejak di Surabaya. Dia punya keinginan batik Trenggalek bisa diberangkatkan ke London bulan ini,” terang Novita Hardini, istri Wakil Bupati Trenggalek. Kecintaannya akan batik khas Trenggalek sudah sejak sebelum suaminya dilantik menjadi Wakil Bupati Trenggalek mendampingi Emil Dardak. “Diharapkan, setelah mengikuti pekan mode London ini nantinya batik Trenggalek bisa menjadi gebrakan baru untuk lebih dikenal secara luas dan mempunyai nilai karya yang tinggi,” ujar Novita.

Source https://www.kompas.com/ https://regional.kompas.com/read/2018/02/11/23412061/akan-tampil-di-london-fashion-week-2018-batik-trenggalek-go-international
Comments
Loading...