Agar Mampu Bersaing, Pemkab Perlu Gencarkan Promosi Batik Banyumas

0 39

Agar Mampu Bersaing, Pemkab Perlu Gencarkan Promosi Batik Banyumas

Pemerintah Kabupaten Banyumas perlu terus menggencarkan promosi batik lokal guna meningkatkan produksi. Hal ini dikatakan pemerhati batik, Bambang Widodo.

“Promosi batik yang menjadi ciri khas wilayah setempat perlu terus digencarkan,” kata Bambang Widodo yang juga Dosen Fisip Universitas Jenderal Soedirman, di Purwokerto.

Pemerintah kabupaten, kata dia, bisa membuat kebijakan yang berpihak pada perajin batik

“Misalnya surat edaran agar satuan perangkat kerja daerah dan pimpinan BUMD serta kepala-kepala sekolah diminta untuk menganjurkan kepada jajarannya untuk membeli baju batik langsung ke perajin batik,” katanya.
Selain itu, kata dia, mengimbau perusahaan daerah yang bergerak di bidang pemasaran produk lokal, untuk ikut memasarkan produk batik.

“Selain itu, membuat kebijakan kredit lunak atau jika memungkinkan kredit tanpa bunga kepada perajin batik skala kecil agar dapat meningkatkan produksinya,” katanya.

Dia menambahkan, perajin batik Banyumas perlu dukungan agar dapat menembus pasar yang lebih luas.

Bambang menambahkan, batik Banyumas memiliki motif yang sangat unik dengan warna-warni alam atau kecokelatan yang sangat khas.

“Motif Batik Banyumas memiliki warna khas yang biasanya kecokelatan atau natural yang sangat menarik,” katanya.

Dengan promosi yang gencar, kata dia, batik Banyumas akan mampu bersaing di pasaran.

Source https://fajar.co.id https://fajar.co.id/2018/07/01/agar-mampu-bersaing-pemkab-perlu-gencarkan-promosi-batik-banyumas/
Comments
Loading...