Ada Makna Bhinneka Tunggal Ika di Balik Keindahan Batik Sekar Jagad

0 16

Ada Makna Bhinneka Tunggal Ika di Balik Keindahan Batik Sekar Jagad

Merupakan warisan leluhur, tidak salah jika sehelai kain pun memiliki makna spiritual di dalamnya. Batik Sekar Jagad yang berasal dari Solo dan Jogja ini diambil dari nama “kar” yang dalam bahasa Belanda berarti peta dan “jagad” yang berarti dunia dalam bahasa Jawa. Secara keseluruhan, motif batik sekar jagad ini mengandung makna keragaman di Indonesia maupun seluruh dunia. Menggambarkan kebaikan, batik sekar jagad pada masa itu biasa dipakai oleh orang ahli, orang pintar, dan dukun istana atau keraton.

Dilihat dari bentuk-bentuk bunga pada motifnya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa batik sekar jagad diambil dari kata sekar (bunga) dan jagad (dunia). Motif ceplok yang dipasangkan bersisian secara geometris membuat motif batik ini terlihat seperti sebuah hamparan peta. Motif ini melambangkan keindahan dan keluhuran dunia. Perpaduan warna-warna pada motifnya membuat batik ini terlihat indah dan memiliki daya tarik tersendiri.

Klasik maupun modern, batik sekar jagad tetap memiliki dasar motif berupa kumpulan pulau-pulau yang menyatu. Itulah sebabnya, batik ini digambarkan sebagai peta yang menyatukan keberagaman dan keindahan di seluruh dunia.

Berkembang sejak abad ke-18, kini batik sekar jagad menjadi salah satu kain primadona yang banyak diminati. Dengan mengetahui makna dan filosofi yang terkandung di dalam motif batik ini, diharapkan pesan tersebut dapat berpengaruh kepada pamakainya, yakni bisa menghargai perbedaan dan keberagaman dalam sudut pandang keindahan.

Source https://www.fimela.com/ https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3513615/ada-makna-bhinneka-tunggal-ika-di-balik-keindahan-batik-sekar-jagad
Comments
Loading...