Ada Griya Batik Karya Putri Batik Nusantara di Jember

0 152

Ada Griya Batik Karya Putri Batik Nusantara di Jember

Rizqi Annisa Aulia Santoso merupakan juara pertama dari Putri Batik Jember 2016, membuka Griya Batik Aulia. Hal ini, karena peraih Juara III Putri Batik Nusantara 2016 ini tidak mau kalah dalam melestarikan batik Nusantara, sehingga membuka griya batik yang beralamat di Jalan Ikan Paus V -10 Jember tepatnya belakang Roxy Mall. Dalam peresmian Griya Batik ini, Aulia berupaya mengenalkan batik khas Jember, yaitu Batik Proltape. Disebut khas, karena selain bermotif prol tape yang menjadi kudapan khas Jember, pembuatan batik jenis ini juga perlu ketelitian dan keuletan tinggi dalam setiap proses pembatikannya.

Batik adalah kain bergambar yang membuatnya secara khusus dengan menuliskan atau menarakan malam pada kain tersebut, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Semua batik yang ada di Griya Batik milik Aulia adalah hasil sentuhan tangan dirinya sendiri. Gadis itu menyulap kain batik yang telah bermotif menjadi busana yang modis, modern hingga mengensankan tampilan yang glamor. Batik Indonesia yang secara proses keseluruhan melalui teknik, teknologi, pengembangan motif dan budaya telah ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yaitu Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai warisan dunia. Dan Batik Jember, juga menjadi salah satu jenis batik yang masuk kategori tersebut.

Source http://indikatoronline.com/ http://indikatoronline.com/2017/05/30/ada-griya-batik-karya-putri-batik-nusantara-di-jember/
Comments
Loading...