Acara Teatrikal Tutup Pekan Batik Nusantara 2018

0 15

Acara Teatrikal Tutup Pekan Batik Nusantara 2018

Pekan Batik Nusantara (PBN) 2018 di Kawasan Budaya Jatayu Kota Pekalongan ditutup dengan penampilan teatrikal berjudul air mata, mata air. Dalam pertunjukan tersebut 200 penari tampil secara bergantian untuk menghibur ribuan penonton yang memadati lokasi PBN.

Hampir 2 jam para penari menampilkan aksinya, tak hanya anak-anak yang ikut berpartisipasi dalam pertunjukan, bahkan beberapa penari yang acap kali tampil di berbagai daerah juga ikut meramaikan penutupan PBN. Cerita yang dimainkan menurut Sidik AN Naja, sutradara teatrikal dalam acara tersebut, menggambarkan sungai-sungai di Kota Pekalongan yang kian lama kian tercemar oleh pewarna kain batik.

Aksi para penari dalam penutupan PBN menjadi sorotan ribuan penonton yang hadir, pasalnya, selain teatrikal dikemas secara apik, gemerlap lampu dan iringan musik menambah meriahnya acara. Penonton pun dibuat terdiam sesaat, ketika ratusan penari berkumpul di depan panggung dan membawa lilin sebagai simbol renungan akan kondisi lingkungan yang ada di Kota Pekalongan.

Sidik menjelaskan, persiapan yang dilakukan hanya dua pekan, dan ia berharap pentas para penari bisa dijadikan renungan bagi masyarakat Kota Pekalongan.

“Karena kami ingin menggambarkan bagaimana keadaan lingkungan di Kota Pekalongan, terutama kondisi sungainya,” paparnya.

Ia menambahkan, pencemaran di perairan Kota Pekalongan memang sudah parah, dan untuk mengatasinya, seluruh elemen masyarakat harus bersinergi.

“Jangan hanya saling menyalahkan, karena kerusakan lingkungan di Kota Pekalongan merupakan kesalahan bersama, maka dari itu harus diatasi secara bersama pula,” paparnya.

Source http://video.tribunnews.com http://video.tribunnews.com/view/64709/acara-teatrikal-tutup-pekan-batik-nusantara-2018
Comments
Loading...