Batik Pamiluto Ceplok Khas Kabupaten Gresik Jawa Timur

0 335
Batik Pamiluto Ceplok

Batik Pamiluto Ceplokan merupakan batik khas Gresik yang dipatenkan dan diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI Nomor D002017004963, tertanggal 31 Januari 2017. Dan juga dijadikan ikon oleh masyarakat Gresik Jawa Timur. Munculnya ide batik Pamiluto Ceplokan berasal dari Bupati Gresik Sambari Halim Radianto yang mengikuti lomba desain batik yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Gresik di pendopo, yang diikuti 1.250 orang peserta. Mulai dari peserta umum hingga kalangan pelajar.

Sebelum mengikuti lomba tersebut, dikursuskan selama satu bulan, maka saat itu ada tujuh orang peserta yang berbakat dan kemudian menjadi pemandu batik di Gresik dan menularkan ilmu yang telah didapat kebebeapa desa. Dan pada saat itu dari hasil penularan ilmu tersebut sudah ada 270 orang pembatik handal yang ada dibeberapa desa di Gresik, yang dikoordinir langsung oleh Dekranasda Gresik. Mulai dari Desa Sawo di Kecamatan Dukun, Desa Cermelor dan Cermekidul di Kecamatan Cerme, Desa Betoyoguci di Kecamatan Manyar, Desa Bungah di Kecamatan Bungah, serta Desa Wringinanom di Kecamatan Wringinanom. “Bersama dengan Dekranasda Gresik yang mempunyai hak memproduksi dan mengedarkan batik Pamiluto Ceplokan, pasti ada konsekuensi hukum apabila ada pihak lain yang meniru baik memproduksi atau memperbanyak kain batik tersebut yang kami beri merk Dekranasda. Beberapa desain batik Pamiluto Ceplokan yang dijadikan ikon khas Gresik di antaranya gambar/desain gapura makam Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim, bandeng, pudak, serta rusa bawean.

Source Motif Batik Pamiluto Ceplok Khas Kabupaten Gresik Jawa Timur Batik Pamiluto Ceplokan Jadi Ikon Baru Kabupaten Gresik
Comments
Loading...