Motif Batik Parang Gondosuli Batiknya Orang Jepara Jawa Tengah

0 385
Batik Parang Gondosuli

Batik Parang Gondosuli adalah salah satu variasi dari motif Parang. Gondosuli sendiri merupakan sejenis tanaman yang berbunga putih kecil dan harum baunya. Ini terlihat pada bagian tangkai parang berupa titik tiga yang merupakan simbol bunga Gondosuli. Motif ini mempunyai filosofi bahwa orang yang memakai batik dengan motif ini diharapkan memperoleh nama yang harum. Motif batik Parang Gondosuli dipakai oleh berbagai kalangan, dan telah dijadikan fashion yang pantut dibanggakan. Produk – produk dari batik parang gondosuli dapat dijadikan jaket, sarimbitan, dan sebagainya. Pewarnaan pada batik parang Gondosuli ini menggunakan pewarnaan soda, dan ini menjadikan produk dengan motif ini menjadi salah satu yang favorit bagi penikmat batik. Batik Gondosuli merupakan batik yang berasal dari kabupaten Jepara Jawa Terngah. Motif batik ini merupakan motif yang disesuaikan dengan motif yang diciptakan oleh R.A Kartini.

Adapun tahap dalam pembuatan batik parang gondosuli antara:
  1. Pemilihan kain, yang harus diperhatikan saat memilih kain yaitu perhatikan jenis kainnya. Jika sekiranya akan dipergunakan untuk kegiatan sehari – hari pilihlah kain yang berbahan katun karena dapat menyerap keringat sehingga memberikan rasa nyaman. Sedangkan untuk acara spesial seperti pesta, bahan yang cocok digunakan adalah bahan sutra.
  2. Pembatikan pada kain, kain yang sudah digambar kemudian dibatik menggunakan canting yang sudah terisi malam atau lilin yang sudah dipanaskan. Langkah ini harus dilakukan dengan penuh  ke hati – hatian.
  3. Pewarnaan, kain yang sudah dibatik kemudian direndam kedalam pewarnaan yang diinginkan secara berulang – ulang selama 20 menit
  4. Penjemuran, tempat yang digunakn untuk menjemur kain yang sudah melalui proses pewarnaan kemudian dijemur ditempat sejuk yang tidak kontak langsung dengan sinar matahari sehingga membuat warna kian menjadi bagus.
Source Motif Batik Parang Gondosuli Batiknya Orang Jepara Jawa Tengah Batik Parang Gondosuli Khas Medogh Proses Pengerjaan Batik Parang
Comments
Loading...