Filosofi Batik Daun Kembang Sirih Sidoarjo Jawa Timur

0 1.147
Batik Daun Kembang Sirih

Seni membatik pada intinya merupakan kesenian rakyat Indonesia. Di awal perkembangannya lebih mengutamakan sentuhan halus tangan-tangan perempuan. Tidaklah heran jika motif-motif hias pada batik daun kembang sirih akan memiliki filosofi tersendiri. Makna-makna yang tersembunyi pada batik daun kembang sirih jika direnungkan merupakan simbol energi masyarakat terhadap suasana hati dan pergerakan mereka dalam keikutsertaannya membangun negeri ini. Tempat industri batik daun kembang sirih di desa Randengan kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. Batik sebagai bahan pakaian yang memiliki nilai kebudayaan bangsa yang dituangkan melalui kreasi kain batik dengan harapan tertentu.

Filosofi Motif Batik Kembang Sirih

Dalam pembuatan kain batik pasti memiliki filosofi tersendiri, filosofi yang terkandung didalam motif batik daun kembang sirih adalah terdapat nilai apresiasi yaitu appearance atau nilai wujud emosional cipta rasa dan karsa yang melahirkan kreasi pada benda seni. 

Wujud aplikasinya adalah pada tingkat nilai pengetahuan (kognisi), nilai rasa, intuisi atau bawah sadar manusia, nilai gagasan, dan nilai pesan atau nilai hidup (values) yang dapat terdiri dari atas moral, nilai sosial, nilai religi. Kedua nilai Pengungkapan (presentation) yang dapat menunjukkan adanya nilai bakat pribadi seseorang, nilai ketrampilan, dan nilai medium yang dipakainya.

Ungkapan yang ditampilkan oleh senimannya berupa proses batik yang begitu indah dengan memberikan goresan lilin lewat alat yang dinamakan canting terbuat dari bahan tembaga tipis yang dibentuk secara hati-hati sehingga lilin panas yang melewati ujung canting bisa mengalir dengan lancar. Paduan unsur warna yang harmonis dengan penuh makna bagi siapa yang melihatnya.

Pewarnaan Batik

Untuk proses pewarnaan batik daun kembang sirih menggunakan warna alam, karena batik yang menggunakan warna alam memiliki kelebihan yang tidak dimiliki warna sintetis antara lain, baik untuk kesehatan, dingin dipakai, kelihatan berkelas dan elegan bilamana dipakai.

Source Filosofi Batik Daun Kembang Sirih Sidoarjo Jawa Timur Batik Tulis DAun Kembang Sirih
Comments
Loading...