Motif Batik Cuwiri

0 2.687

Batik Cuwiri berasal dari Surakarta dan Yogyakarta, namun di daerah lain juga ada yang mengembangkan motif batik ini. Motif Batik Cuwiri termasuk ke dalam kelompok motif Semen yang memiliki ornamen “Meru” berbentuk lengkungan menyerupai gunung. Kata “Meru” sendiri diambil dari “Semeru” yakni nama gunung tertinggi dan paling sakral di pulau Jawa. Proses pewarnaannya menggunakan zat warna soga alam. Motif ini kebanyakan menggunakan unsur meru dan gurda.

Motif Cuwiri

Setiap Motif Batik memiliki makna dan filosofi tersendiri dibalik prosesnya. Hal ini berlatar belakang dari budaya masing – masing daerah motif batik tersebut di ciptakan. Batik memiliki berbagai macam jenis, motif, dan warna. Zaman dahulu, motif batik menandakan tingkat derajat pemakainya atau hanya untuk upacara-upacara tertentu saja. Namun kini, berbagai jenis motif batik bisa dipakai oleh siapa saja dan kapan saja, salah satunya batik Motif Cuwiri. Adat dan budaya jawa saat seorang ibu mengandung telah diterapkan dari zaman nenek moyang, salah satunya mitoni yaitu sebuah tradisi memperingati tujuh bulan usia bayi didalam kandungan.

Kegunaan Motif Cuwiri

Motif Cuwiri biasa digunakan untuk kemben dan semekan pada acara adat mitoni atau orang Jawa menyebutnya acara 7 bulanan. Adat dan budaya jawa saat seorang ibu mengandung telah diterapkan dari zaman nenek moyang, salah satunya mitoni yaitu sebuah tradisi memperingati tujuh bulan usia bayi didalam kandungan. Pemakaian motif ini akan terlihat lebih pantas dan dihormati oleh masyarakat. Bayi yang baru lahir akan dibiasakan dengan adat, karena orang Jawa memiliki aturan yang sudah sesuai falsafahnya dengan tujuan agar hidupnya lebih baik kedepannya.

 

Source Batik Cuwiri Batik Indonesia Batik hits
Comments
Loading...