infobatik.id

Motif Batik Belimbing Khas Kota Depok Jawa Barat

0 239
Batik Belimbing

Motif Batik Belimbing merupakan motif yang berasal dari kota Depok. Motif belimbing tersebut diambil dari nama buah yang dijadikan sebagai salah satu ikon kota Depok, Jawa Barat yaitu belimbing Depok. Batik belimbing mulai dipakai sebagai seragam kantor di SMP Negeri 4 Depok. Salah satu guru SMP Negri 4 Depok mengatakan bahwa bangga memakai batik tersebut, apalagi memakai batik juga dihimbau oleh pemerintah setempat untuk memakai batik secara nasional pada hari jumat.

Batik belimbing memiliki warna dasar seperti warna asli buah belimbing yang sudah matang yaitu warna kuning. Ini menjadi kebanggaan masyarakat Depok karena dijadikan sebagai ikon kota depok oleh pemerintah, sehingga kelihatan sangat indah jika disandingkan dengan arsiran dengan motif kecoklatan disela – sela warna utama tersebut.

Selain SMP Negeri 4 depok adapula yang memakai batik motif belimbing ini di SMP Negeri 3 depok, namun ada salah satu kendala yaitu belum semua guru memakai batik tersebut, hal ini disebabkan pembagian batik yang mepet dengan waktu lebaran. Sehingga banyak penjahit yang kebanjiran order dan tidak sempat menjahitkan batik – batik yang sudah dibagikan oleh pemerintah kota Depok kepada para guru – guru di sekolah tersebut. Sehingga ada guru yang terpaksa memakai batik motif lain.

Motif Batik Belimbing

Motif belimbing Depok dipopulerkan pada tahun 2007, adapun keindahan pada batik ini yaitu ada beberapa makna yang tersirat dan tersurat yaitu dari segi warna ada beberapa campuran yang masing – masing dikombinasi dan memiliki arti pada setiap ukiran motifnya. Warna – warna yang digunakan pada motif batik belimbing ini seperti warna orange, biru, cream, kuning keemasan, merah marun, dan bikru tua. Semua warna tersebut melambangkan karakter kelembutan, ketenangan, kewibawaan, dan keberanian.

Kemudian dari segi motif, motif belimbing tersebut melambangkan amanat bagi seluruh masyarakat depok agar selalu melakukan tugas pengabdian secara adil dan benar. Motif ini juga memberi semangat bagi seluruh masyarakat Depok meskipun berbeda keyakinan maupun latar belakang semua tetap menjadi satu dan tidak mudah tercerai berai. Tak jarang para wisatawan yang berkunjung ke kota Depok berminat untuk membeli batik ini yang dijadikan sebagai oleh – oleh. Para wisatawan tersebut ada yang berasal dari wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Source Motif Batik Belimbing Khas Kota Depok Jawa Barat Kenalkan, Batik "Belimbing Depok
Comments
Loading...