Asal Mula Batik Gelas Kopi Bangka Belitung

0 439
Batik Di Bangka Belitung

Batik tidak hanya terdapat di pulau Jawa, kepulauan Bangka Belitung juga punya batik khas Belitung. Salah satunya yaitu motif batik gelas kopi. Motif ini dijadikan ciri khas bangka belitung  karena Manggar, ibu kota Beltim terkenal dengan ‘Kota 1001 Warung Kopi’. Belitung memang bukan penghasil kopi, tapi orang-orangnya penggemar kopi. Dari sinilah motif ini tercipta. Motif batik gelas kopi jadi salah satu motif khas Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung yang sudah dipatenkan.

Kisaran Harga Dan Referensi Toko Batik Gelas Kopi

Motif gelas kopi adalah motif andalan. Mengapa gelas kopi? Batik-batik ini dijual di Sanggar Batik de Simpor, Jl KA. Bujang, No.22, Gantung, Beltim. Sebagian besar berupa batik cap. Untuk kain batik cap berukuran 2 meter 30 cm dijual seharga Rp 200.000. Sementara yang sudah dalam bentuk pakaian dihargai Rp 150.000. Jika anda berkunjung ke Bangka Belitung, sempatkanlah mampir ke pusat penjualan batik ini. Kain batik khas bangka belitung ini dapat dijadikan referensi sebagai oleh – oleh untuk keluarga dan kerabat dekat. Sanggar Batik de Simpor buka pukul 09.00 – 18.00, setiap hari. Dengan memproduksi batik dapat meningkatkan perekonomian. Selain menjual batik sanggar ini membuka kelas membatik. Masing-masing perserta mendapat kain putih polos yang bisa dibubuhi cap lilin bermotif, ditulisi nama masing-masing, kemudian mencelupkan ke warna sesuai pilihan, dan dijemur. Bagi para pengunjung  bisa menyaksikan tiga perajin yang sedang membuat batik tulis di sana.Ketiga perajin tersebut menggunakan kuas untuk mewarnai motif berukuran besar, sedangkan canting digunakan untuk motif kecil atau halus.

Penggunaan Batik

Batik ini dapat digunakan dalam berbagai acara karena menjadi salah satu wujud rasa kebanggaan dan cinta terhadap batik yang mencirikan khas Indonesia. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menghimbau kepada seluruh pegawai agar menggunakan Batik sebagai upaya pelestarian dan mempromosikan kain bermotifkan tradisional tersebut.

Source Motif Batik Gelas Kopi Bangka Belitung Dari Daun sampai Gelas Kopi Jadi Motif Batik
Comments
Loading...