Gagasan Batik Khas Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah

0 640

Karakter batik Wonosobo yang disajikan mengusung berbagai potensi Wonosobo. Seperti alam, seni budaya serta potensi tumbuhan khas kota dingin itu.Batik, sebagai salah satu produk unggulan di Wonosobo, menurut Nurmar, juga layak untuk diangkat melalui promosi secara massif. Ajang pameran klaster dan pasar agropolitan, dikatakan Nurmar juga bakal menjadi media bertemunya para pelaku UMKM dengan konsumen. Batik kreasi asli Wonosobo dengan tema motif yang menggambarkan atmosfir dari kabupaten Wonosobo seperti carica dan purwaceng. Diharapkan dengan membuat motif dari tumbuhan khas daerah pegunungan Dieng itu, bisa membuat batik Carica Talunombo dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara.

Motif Batik carica dan purwaceng awalnya dikembangkan oleh Karang Taruna Desa Talunombo Kecamatan Sapuran, Wonosobo. Bupati Wonosobo Eko Purnomo menilai, batik Wonosobo melalui pameran klaster tersebut sebagai inisiatif brilian. “Inovasi para perajin batik khas Wonosobo memang sudah semestinya kita ekspos agar semakin dikenal konsumen, dan melalui media pameran klaster ini besar harapan industri batik wonosobo bisa lebih berkembang dan mendapat tanggapan secara positif. Pelaku industri batik Wonosobo terus tumbuh. Berbagai corak dan motif semakin beragam. Membatik bagi warga Talunombo sudah turun temurun. Dengan keterbatasan kemampuan dan peralatan membatik, para pembatik di Talunombo yang pembatiknya mayoritas anak remaja ini lebih senang membuat bahan mentah atau hanya membuat gambar pola batik.

Terdapat sekitar 30 pengrajin batik di desa Talunombo. Pengrajin yang mayoritas di geluti perempuan ini mengembangkan batik cap dan batik tulis dengan motif lokal atau khas daerah dengan total masa pengerjaan kurang lebih 3 hari. Batik Wonosobo sendiri dibuat dari kain prima, primis, santun, dan krayon yang kebanyakan diberi warna dasar merah, hijau, ungu, biru dan cokelat.

Source Batik Khas Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah Batik khas wonosobo
Comments
Loading...