72 Pelajar Pecahkan Rekor Membatik di Balikpapan

0 182

72 Pelajar Pecahkan Rekor Membatik di Balikpapan

Ada sebanyak 72 pelajar yang sebagian menyandang disabilitas ikut dilibatkan untuk memecahkan Original Rekor Indonesia (ORI), yakni membatik selama 72 menit. Perhelatan bertajuk “Serba-serbi 72” di BSCC Dome, Balikpapan itu tidak hanya menghadirkan 72 pecanting, tetapi juga diwarnai penampilan 72 talent muda Balikpapan, pembordiran kain merah putih, melukis menggunakan dua media selama 72 menit serta 72 display produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Wanita Kalimatan Timur.

Dari 72 pelajar yang ikut diberikan kain mori putih yang terdapat desain motif batik di permukaannya. Adapun motif batik yang disediakan antara lain motif beruang madu, rumpun mangrove hingga bunga anggrek. Peralatan lain seperti canting, lilin atau malam, wajan maupun kompor listrik juga tampak menemani siswa – siswi yang berasal dari berbagai SMP Negeri dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Balikpapan.

Agus Sudarmanto selaku ketua Rumah Kreatif Balikpapan (RKB) menjadi pihak panitia yang mensukseskan 72 pecanting untuk memecahkan ORI ini. Agus pun menyampaikan bahwa sebagian siswa sudah aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler membatik di sekolah. Pelajar SLB yang terlibat pun merupakan binaan dari An Niera Batik Balikpapan yang bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Balikpapan.

Pria yang juga merupakan pelopor Batik Balikpapan ini sangat mengapresiasi antusiasme yang dimiliki oleh pecanting muda di perhelatan ini. Menurut Agus, dengan inovasi dan ketekunan yang dimiliki, mereka kelak bisa menjadi pecanting handal Balikpapan. “Anak muda jangan pernah berhenti mencintai segala ragam budaya yang dimiliki oleh negeri ini. Teruslah membuat karya tentang apa yang sudah diwariskan kepada kita khususnya batik ini,” tutupnya.

Source http://www.liputan6.com/ http://citizen6.liputan6.com/read/3122248/72-pelajar-pecahkan-rekor-membatik-di-balikpapan?source=search
Comments
Loading...