Proses Pembuatan Batik Motif Tembakau Khas Kabupaten Temanggung

0 448
Batik Motif Tembakau

Sebenarnya di daerah Temanggung dulu telah memiliki batik dengan motif khas Batik Kedu, namun seiring berjalannya waktu, serta tidak ada lagi generasi berikut yang melanjutkan warisan budaya itu, hingga akhirnya motif khas Batik Kedu itu musnah ditelan jaman, kemunculan Batik Mbako mudah-mudahan akan memberikan brand image baru dalam pengembangan batik negeri tercinta ini khususnya di wilayah eks Karesidenan Kedu lebih spesifik sebagai Batik motif Temanggungan. Batik yang terkenal di kabupaten Temanggung adalah kain batik yang memiliki motif tanaman tembakau.

Berikut ini proses pembuatan batik tembakau:
  1. Terdapat alat dan bahan yang berbeda dengan industri pembuatan batik pada umumnya, yaitu alat penumbuk, dan bahan yang digunakan sebagai zat warna alam batik yaitu dari daun tembakau basah dan daun tembakau kering
  2. Proses ekstraksi pada daun tembakau basah diawali dengan pencucian, penumbukan, pemerasan, dan penyaringan, pada daun tembakau kering diawali dengan penjemuran, perebusan, dan penyaringan, untuk proses pewarnaan alam batik diawali dengan pencucian, penjemuran, pencelupan kain pada zat warna alam batik dari daun tembakau, pencelupan pengunci warna alam batik, dan pelorodan
  3. Warna yang dihasilkan dari daun tembakau basah dengan difiksasi larutan tunjung menghasilkan warna coklat muda, dengan difiksasi larutan tawas menghasilkan warna kuning kecoklatan, dan dengan difiksasi larutan kapur menghasilkan warna krem, sedangkan dari daun tembakau kering dengan difiksasi larutan tunjung akan menghasilkan warna coklat tua kehijauan, dengan difiksasi larutan tawas akan menghasilkan coklat kehijauan, dan dengan difiksasi larutan kapur akan menghasilkan warna coklat muda kehijauan.

Ide Batik Mbako berlatar belakang masalah social cultural, pelestarian budaya dan pemberdayaan warga sekitar itulah yang mendasari penciptaan Batik Mbako, tembakau (mbako = istilah lokal Temanggung ) adalah tanaman khas yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial masyarakat Temanggung, batik bermotif tembakau diharapkan menjadi sebagai ciri khas batik dari daerah penghasil tembakau ini. Menurut Penanggung Jawab Bengkel  Kerja PT Amalia Angkasa 7 yang memproduksi batik mbako Lily Setiawati di Temanggung mengatakan, batik khas Temanggung ini menggunakan motif yang berkaitan dengan tanaman tembakau .

Source Proses Pembuatan Batik Motif Tembakau Khas Kabupaten Temanggung Batik Tembakau Temanggung
Comments
Loading...