6 Motif Batik Ini Dulu Dilarang Dipakai Rakyat Jelata

0 26

6 Motif Batik Ini Dulu Dilarang Dipakai Rakyat Jelata

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Perayaan ini berawal dari ditetapkannya batiks sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 silam.

Pada 2 Oktober sembilan tahun lalu, UNESCO, Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Secara etimologi, batik berasal dari Bahasa Jawa ‘ambathik’.

Terdiri dari kata amba yang berarti luas dan titik. Kata tersebut kemudian meluas menjadi batik yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Membahas tentang batik, rupanya ada motif-moif tertentu yang hanya boleh dipakai oleh orang-orang kerajaan. Motif-motif batik larangan tersebut disebut juga dengan awisan dalem. Larangan ini dilatarbelakangi adanya keyakinan akan kekuatan spiritual ataupun makna filsafat yang terkandung dalam motif kain batik.

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/section/2018/10/01/siapa-sangka-6-motif-batik-ini-dulu-dilarang-dipakai-rakyat-jelata
Comments
Loading...