Makna Motif Batik Semen Rante Sebagai Lambang Cinta

0 1.266
Motif Semen Rante

Batik Motif Semen Rante atau rantai dalam bahasa indonesia biasanya di pakai oleh wanita saat acara prosesi lamaran. Batik ini sengaja di pakai sebagai lambang bahwa sejak di pinang hingga selamanya hati dari wanita yang memakai batik ini sudah terikat untuk pria yang akan menikahinya nanti dan tertutup sudah kesempatan bagi laki laki lain. Kata semen di ambil dari kata Semai, yang artinya sebagai lambang agar cinta di antara sepasang kekasih ini selalu bersemi. Hal ini bisa di lihat dari kain dari batik semen rante ini, yaitu terdapat morif gunung. Gunung adalah tempat berseminya segala jenis tumbuh – tumbuhan. Maka dari itu motif gunung pada kain batik ini dapat juga diartikan sebagai lambang bahwa sang wanita yang dipinang harus siap menjadi tempat persemaian bagi laki-laki.

Makna Motif Semen Rante

Rantai sendiri menyiratkan sebuah ikatan yang kokoh, jadi harapannya bila lamarannya diterima, pihak pengantin wanita menginginkan sebuah ikatan yang kuat dan kokoh sehingga tidak dapat dipisahkan. Ornamen motif semen terdiri dari 3 bagian. Pertama adalah ornamen yang berhubungan dengan daratan, seperti tumbuh-tumbuhan atau binatang berkaki empat. Kedua adalah ornament yang berhubungan dengan udara, seperti garuda, burung dan mega mendung. Sedangkan yang ketiga adalah ornamen yang berhubungan dengan laut atau air, seperti ular, ikan dan katak. Ada hubungannya dengan paham Triloka atau Tribawana. Paham tersebut adalah ajaran tentang adanya tiga dunia; dunia tengah tempat manusia hidup, dunia atas tempat para dewa dan para suci, serta dunia bawah tempat orang yang jalan hidupnya tidak benar/dipenuhi angkara murka.

Source Makna Motif Batik Semen Rante Sebagai Lambang Cinta Satria Manah dan Semen Rante: Belajar Falsafah Cinta dari Batik Surakarta
Comments
Loading...