Motif Batik Parang Khas Purworejo

0 528

Motif yang paling menonjol sejak zaman Mataram Islam itu motif sogan, ujar desainer baju yang beberapa kali pernah membawa nama harum Batik Purworejo ke kancah fashion show profesional. Batik Purworejo yang tren sekarang ini memang terdiri dari motif Adi Purwo itu. Sama halnya dengan batik Purworejo karya ABK sebelumnya, pada dasarnya Batik ABK. Batik ini lebih halus dalam motif, pembuatan, dan hasil akhirnya karena memang dirancang dan dibuat secara profesional oleh pengrajin batik.

Namun, seiring perkembangan zaman Batik Purworejo mengalami perubahan. Sekarang, Batik Purworejo memiliki warna yang lebih colorfull dari merah, pink, kuning, hijau, biru muda, hingga orange. Ini tak lepas dari banyaknya warna-warna sintetis yang sekarang banyak digunakan untuk membatik. Sementara itu, untuk motif pun Batik Purworejo juga mengalami perubahan 180 derajat. Banyak motif baru yang keluar di antaranya motif Adi Purwo. Adi Purwo merupakan motif yang di dalamnya terdapat kekayaan khas Purworejo baik itu kekayaan alam, kuliner, maupun budaya.

Pengembangan batik tulis di Kabupaten Purworejo merupakan turun temurun dari nenek, namun sempat mati suri hingga dikembangkan kembali tahun 2006. Waktu itu dibuat kelompok pengrajin laras ndriyo. Laras ndriyo yang terdiri dari Desa Sumber Agung yang berjumlah kurang lebih ada sepuluh orang dan di desa lainnya yaitu Desa Grabag, Rejo Sari, Baku Rejo, dan Kudu kulon. Sentra batik yang terdapat di Kabupaten Purworejo tersebar di beberapa Kecamatan yaitu di Kecamatan Banyuurip, Bruno, Purworejo, dan Bagelen. Salah satu motif khas Purworejo adalah Motif Parang.

Motif Parang

Batik Parang merupakan batik dari daerah Keraton Surakarta, biasa dipakai sebagai ageman leluhur dan hanya boleh dipakai oleh raja dan sentana dalem saja, motif ini banyak macamnya salah satunya Parang Parikesit, banyak dikerjakan oleh pengrajin Kecamatan Bayan dengan warna dominan putih dan ungu. Warna ungu identik Purworejo, sebuah representasi kata wungu dalam bahasa Jawa yang berarti bangun.

 

Source Motif Batik Parang Batik Purworejo
Comments
Loading...