Batik Khas Purbalingga Jawa Timur Kualitas dan Harga

0 342
Batik Khas Purbalingga

Batik saat ini sudah diakui oleh dunia melalui UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Namun untuk mencapainya, perajin batik tulis khas Purbalingga dituntut untuk terus memacu kreativitas dan inovasinya agar bisa terus eksis. Tentunya, perlu dukungan dari masyarakat Purbalingga untuk menguri-uri batik sebagai busana kebanggannya. Pengrajin batik tulis khas Purbalingga ini tersebar di lima kecamatan, yakni Bobotsari, Karanganyar, Bojongsari, Purbalingga, dan Karangmoncol. Sementara sentra produksi batik tulis khas Purbalingga yang berkembang pesat tersebar di Desa Limbasari, Dagan, Tlagayasa, Palumbungan, Senon, dan Gambarsari. Keberadaan batik tulis khas Purbalingga ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara dengan menjadikannya sebagai cendera mata.

Tiga jenis batik tersebut diproduksi oleh para perajin batik di kota Purbalingga, dengan menampilkan motif dan ciri khas Purbalingga, seperti kain batik motif pesona Gua Lawa, batik kenalpot, batik motif buah duku, nanas dan strobery serta batik motif bunga glagah.

Kualitas dan Harga

Harga batik tulis berkisar antara Rp 250 ribu sampai Rp 475 ribu, untuk batik cap harga mulai dari Rp 90 ribu sampai Rp 125 ribu, dan untuk batik kombinasi cap dan tulis harga mulai Rp 150 ribu sampai Rp 175 ribu, dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan pilihan sesuai seleranya. Pengrajin batik tulis Purbalingga juga mempertahankan seni batik tulis yang dikerjakan dengan tangan, tidak menggunakan cap atau printing. Namun kualitas dari kain batik ini tidak kalah bagus dengan batik lainnya. Karena jumlahnya terbatas dan dikerjakan dengan tangan, harga batik tulis juga relatif lebih mahal sehingga pembelinya lebih banyak adalah kolektor dan pecinta batik yang tentu saja jumlahnya sedikit.  Hal ini menyebabkan batik tulis produksi pengrajin semakin terdesak dengan batik dari daerah lain atau bahkan batik impor.

Source Batik Khas Purbalingga Jawa Timur Tidak Menggunakan Cap Atau Printing Nasib Batik Khas Purbalingga
Comments
Loading...