Kelebihan Dan Kekurangan Batik Printing

0 3.252

Batik printing adalah cara pembuatan batik yang dilakukan melalui proses printing atau sablon. Batik ini adalah salah satu jenis hasil proses produksi batik yang teknis pembuatannya melalui proses sablon manual (seperti pembuatan spanduk / kaos) atau printing mesin pabrik. Bedanya terletak pada bahan warna yang digunakan jelas beda kualitas dan mutunya. Berbeda dengan batik cap, batik sablon printing ini hanya satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari batik sablon printing ini relatif lebih mudah pudar.

Ciri-ciri batik sablon printing adalah :
  • Motif bisa tidak berulang
  • Desain bisa lebih detail
Batik printing juga memiliki kelebihan sebagai berikut :
  • Bagus, rapi, dan presisi karena proses cetak dengan menggunakan mesin akan menghasilkan gambar yang lebih bagus.
  • Pengerjaan dalam jumlah banyak lebih cepat, sehingga akan lebih pas untuk digunakan seragaman yang sekiranya dalam pengerjaannya memerlukan waktu yang tidak lama.
  • Karena proses yang dalam duplikasinya sangat mudah dan cepat tadi. Seakan otomatis dalam membentuk motif dan warna yang sesuai dengan desain motif batiknya.
Selain memiliki kelebihan batik printing juga memiliki kekurangan antara lain :
  • Tidak seekslusif batik cap apalagi batik tulis yang sering juga disebut dengan batik asli.
  • Jarang dijadikan koleksi.

Harga Pasaran Batik Printing :

Untuk harga batik printing dipasaran pada umumnya dijual dengan cara meteran walaupun ada dalam bentuk paketan untuk satu pakaian. Per meter pada umumnya mulai Rp 35.000,- ke atas tergantung dari bahan kain yang digunakan. Untuk jenis ini dikenal juga dengan halusan dimana harganya lebih mahal. Batik Ganitri sendiri menyediakan aneka pakaian jadi yang dibuat dengan menggunakan batik jenis ini seperti halnya kulot, rok dan blouse, tunik dan lainnya yang dihadirkan dengan harga mulai Rp 85.000,- ke atas.

Source Kelebihan Dan Kekurangan Batik Printing Batik Printing, Kelebihan dan Kekurangan | Cara Membedakan dengan Cap dan Tulis Batik Sablon
Comments
Loading...