Koleksi Kain Batik Milik Mariyana Khas Ponorogo Jawa Timur

0 1.192
Batik Ponorogo

Ciri khas lain kain batik Ponorogo yaitu memiliki warna gelap dengan pewarna alami. Warna gelap itu mengadopsi warna pakaian warok yang ada di kesenian Reog yang didominasi warna gelap. Namun, saat ini batik tulis khas Ponorogo ini sudah jarang ditemui.Kerajinan kain batik tulis di Ponorogo sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan Republik Indonesia atau sekitar tahun 1921. Banyak wisatawan baik lokal maupu mancanegara yang saat berkunjung ke Ponorogo biasanya untuk membeli batik motif khas Ponorogo untuk dijadikan buah tangan.

Profil Mariyana

Salah satu pembatik yang masih eksis dan secara konsisten mempertahankan ciri khas batik Ponorogo yaitu Mariyana, 62. Dia memiliki tempat produksi dan butik yang juga menggunakan namanya sebagai brand hasil karyanya. Kain batik khas Ponorogo memiliki motif burung merak, dadak merak, reog, dan singa. Motif itu merupakan simbol identitas Ponorogo yang sejak dahulu telah mengenal kesenian reog. Hingga saat ini, Mariyana masih menekuni keahlian membatik yang diwariskan sang ayah. Meski terus menciptakan motif baru seperti motif kontemporer dan motif abstrak, dia tidak pernah meninggalkan motif khas Ponorogo. Mariyana menceritakan pada tahun 2009, dirinya pernah diminta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mesir untuk mendemonstrasikan membatik di depan ratusan orang Mesir. Selain itu, dia juga pernah ke Siria juga memenuhi undangan untuk mendemonstrasikan membatik.

Kisaran Harga Jual Batik

Untuk harga kain batik buatannya yaitu mulai dari Rp100.000/potong hingga Rp1 juta/potong. Dia juga menjual baju batik dengan harga sekitar Rp150.000/potong disesuaikan dengan motifnya.Meski saat ini kain batik di berbagai daerah sudah diproduksi massal dengan harga murah, dia berkomitmen tidak akan membuat batik khas Ponorogo dengan cara printing.

Source Koleksi Kain Batik Milik Mariyana Khas Ponorogo Jawa Timur BATIK PONOROGO
Comments
Loading...