Sejarah Motif Batik Pemalang Jawa Tengah

0 838

Batik khas Pemalang dikenal dengan nama Batik Pemalangan. Motif Batik Pemalangan tidak berwarna-warni seperti pada umumnya motif batik di daerah Pesisir, namun batik ini lebih banyak menggunakan pewarna alam. Batik Pemalang memiliki kualitas bagus dengan warna alam, namun daya jual produk tersebut masih kalah dengan daerah lain. Ada beberapa penyebab, yaitu motif batik relatif monoton atau tidak berkembang, serta harganya lebih mahal. Sementara batik dari daerah tetangga, seperti Batik Pekalongan mempunyai corak beragam, memenuhi selera pasar, dan harganya relatif lebih murah.

Kemunculan produk batik warna alam mampu memberi warna tersendiri bagi industri batik di Pemalang. Batik warna alam dibuat dengan pewarnaan ramah lingkungan, dengan menggunakan bahan antara lain kayu dan akar. Batik warna alami memiliki sejumlah keunggulan dari pewarnaan sintetis. Untuk membuat batik alami memang cukup sulit, terutama dalam pewarnaan dibutuhkan beberapa kali proses celup dan jemur. Dari sini diperoleh warna yang sangat berbeda dari pada warna sintetis.

Batik Pemalangan hampir punah di pasaran, upaya pemerintah untuk melestarikannya antara lain dengan cara diadakan Lomba Rancang Busana Batik Tulis Pemalangan Non Sutra setiap tahun. Kegiatan ini untuk mengembangkan aset daerah yang dimiliki Pemalang agar lebih berdaya saing. Terdapat juga motif batik dengan ciri khas kota Pemalang yaitu motif grombyang. Grombyang merupakan makanan khas Pemalang, motif ini dijadikan seragam sekolah untuk murid atau guru di Pemalang. Di sisi lain produk batik alam kreasinya juga mendapat perhatian sebuah lembaga bantuan modal dari Jerman. Bahkan, lembaga itu mengirimkan jurnalis untuk melihat dari dekat proses produksi batik warna alam di Pemalang. Ini membuktikan Batik Pemalang sebenarnya memiliki peluang untuk berkembang, serta meningkatkan pamor yang selama ini tenggelam.

Batik pemalang sudah ada sejak lama hanya saja perkembanganya tidak sepesat daerah lain, bahkan keberadaanya sempat mendekati punah, batik pemalang mempunyai ke-khas-an tersendiri, umumnya batik pemalang mempunyai motif yang unik dan tehnik pewarnaan yang masih tradisional. Beberapa motif lama yang khas diantaranya adalah Gemek setekem, Sawat rante, Kempedak, Ukel dan masih banyak lainnya.

Source Sejarah Motif Batik Pemalang Jawa Tengah BATIK PEMALANG
Comments
Loading...