Batik Pamekasan Memecahkan Rekor Muri Dengan Panjang 1.530 Meter

0 268

Batik Pamekasan Madura bukan hanya dikenal khas dan kualitasnya bagus. Namun kini telah memecahkan rekor. Itu setelah Museum Rekor Indonesia (MURI) kemarin mencatat batik tulis 1.530 meter adalah batik terpanjang. Penyerahan piagam MURI kepada Bupati Pamekasan Kholilurrahman disaksikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Penyerahan dilakukan di tengah-tengah lokasi seribu perempuan membatik di Bundaran Monumen Arek Lancor Kota Pamekasan. Di Pamekasan industri batik merupakan usaha kerajinan rumah tangga.

Usaha ini dikerjakan sebagai usaha sampingan, sementara mereka tetap bersandar pada usaha pokok selaku petani. Keterampilan membatik di lingkungan komunitas pembatik, diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Anak-anak mengikuti orang tuanya membatik, sampai kemudian mereka mencapai tingkat terampil. Di Pamekasan dikenal jenis batik Banyumasan, karena berkembang di Desa Banyumas. Ada Batik Klampar, Batik Candiburung, Batik Toronan dan Batik Bedung, Batik Toket dan banyak lagi yang lainnya. Adapun lokasi kerajinan batik di Kabupaten Pamekasan, menyebar di 11 Kecamatan, dengan jumlah terbanyak di Kecamatan Proppo. Mengapa Proppo memiliki populasi pembatik yang cukup besar? Hal ini bisa dikaitkan dengan sejarah kerajaan di Pamekasan yang memang menurut catatan banyak terdapat di Proppo. Misalnya saja Kerajaan Parupuh, atau Jamburingin dan lain-lain. Sedang Batik, menurut catatan sejarah berawal dari keraton.

Di pamekasan juga terdapat sentral batik diantaranya :
  1. Kecamatan Pamekasan 5 sentra (Desa Kowel 2 sentra, Desa Toronan, Nylabu Daja dan Kelurahan Gladak Anyar masing-masing 1 sentra).
  2. Kecamatan Proppo 12 sentra (Desa Klampar 5 sentra, Desa Toket dan Candiburung masing-masing 3 sentra dan Desa Rang-perang Daja 1 sentra).
  3. Kecamatan Palengaan 6 sentra (Desa Banyopelle 2 sentra, Desa Panaan, Angsanah, Akkor dan Larangan Badung masing-masing 1 sentra).
  4. Kecamatan Waru 1 sentra ( Desa Waru Barat).
  5. Kecamatan Pegantenan 2 sentra ( Desa Bulangan Haji dan Ambender).
  6. Kecamatan Galis 1 sentra ( Desa Pagendingan).
  7. Kecamatan Tlanakan 1 sentra ( Desa Larangan Slampar).
Source Batik Pamekasan Memecahkan Rekor Muri Dengan Panjang 1.530 Meter Batik Pamekasan Madura Yang Memecahkan Rekor Muri
Comments
Loading...