Batik Pacitan Terkenal Berkat Kakak Beradik Coenraad

0 272
Batik Pacitan

Keindahan alam telah menginspirasi ragam hias dan motif Batik Pacitan, yang mana merupakan simbol-simbol hayati. Motif khas Pacitan berupa buah pace atau mengkudu dan karang laut. Batik klasik buatan Pacitan kini terancam punah karena para pembatiknya sudah memasuki usia renta dan regenerasi masih belum menyamai hasilnya.Motif Pace yang menjadi ciri khas Batik Pacitan ditampilkan dengan memadukan motif ukel dan bunga teratai. Dasar blok dengan motif batuan koral mengisi kekosongan ruang di sela-sela motif utama hal ini untuk menampilkan kesan Pacitan yang banyak terdapat batu-batuan.

Pacitan juga tekenal akan karya-karya batiknya berkat kakak beradik Coenraad yang sekitar seabad yang lalu menjalankan usaha batik disana. Pengaruh gaya Solo pada karya-karya batik Pacitan sangatlah terlihat. Namun berkembang pula gaya Pacitan sendiri, ditandai motif-motif klasik pedalaman dengan warna-warna yang lebih pekat dari soga.

 Berikut ini beberapa era motif batik dari pacitan, sebagai berikut :
  1. Untuk batik Lorok, dibedakan menjadi beberapa era yaitu tahun 1960 sampai tahun 2010. Batik Lorok Pacitan di era tahun 1960-an sudah terkenal akan kehalusan batiknya. Motifnya mengarah ke jenis batik petani yaitu berupa motif flora dan fauna yang ada di sekitar daerah tersebut. Pewarnaan batik ini dipengaruhi oleh batik Jogja dan Solo yaitu warna biru (nila) dan coklat (soga). Batik- batik ini semakin surut di era tahun 1980, disebabkan banyaknya batik printing yang masuk ke daerah Pacitan. Di tahun 1960 batik Lorok dipakai oleh para wanita untuk kain panjang.
  2. Batik Lorok Pacitan di era tahun 1980-an sedikit mengalami perubahan, perubahan yang menonjol adalah fungsi batik digunakan untuk bahan baju pria dan wanita. Motif dan warna dibuat seperti motif-motif tekstil yang ada di pasaran. Detail pada batik belum diperhatikan karena permintaan pasar menginginkan batik yang berharga murah dan cepat pembuatannya. Pemerintah pada saat itu juga berperan dalam melatih dan mengembangkan batik Lorok, mulai dari pelatihan pewarnaan sampai pada kegiatan pameran.
  3. Batik Lorok Pacitan di era tahun 1990-an hampir sama dengan tahun 1980-an. Motifnya sederhana, pembuatan relatif cepat, belum seberapa memperhatikan kualitas batikan.Variasi motif sudah mulai berkembang disebabkan pengaruh dari batik-batik lain daerah.
Source Batik Pacitan Terkenal Berkat Kakak Beradik Coenraad Batik Pacitan
Comments
Loading...