Makna Motif Batik Maos Kabupaten Cilacap Jawa Timur

0 559

Pada tahun 2010 batik Cilacap pernah diikut sertakan pada beberapa pameran di luar negeri yaitu di rainforest craff di Malaysia, Asean Culture di Yordania tahun dan Indonesia Intergratet di Banglades. Sejarah batik pada abad 18 Pangeran Diponegoro dan para pembesar kraton Surakarta bergerilya sampai ke daerah maos, dan konon batik Maos merupakan salah satu karya warisannya. Sejak saat itu, seni batik tulis mulai diperkenalkan dan hingga saat ini dikenal dengan batik tulis Maos. Batik Maos pernah mengalami kejayaan dan sempat tenar sekitar tahun 1960-1980 dan berangsur-angsur padam karena kalah saing dengan batik dari Pekalongan, Jogya, dan Solo.

Kemudian tahun 2007 Pelopor Batik Maos, Rajasamas batik kembali bangkit dan kini telah memiliki kurang lebih 300 karyawan. Adapun Ciri khas warna klasik batik maos yaitu warna coklat, hitam, dan putih serta warna-warna berani yang mencolok seperti warna biru, hijau, dan kuning.

Berikut motif batik maos sebagai berikut :

  1. Motif Rujak Senthe merupakan lambang pemimpin harus bermakna, tegas dan padat.
  2. Motif Kembang Ambring simbol pesan persatuan dalam menghadapi musuh.
  3. Motif Ladrang Manis yang bermakna kepatuhan laskar Pangeran Diponegoro.
  4. Motif Cebong Kumpul / Cuplik pringyang merupakan bahasa sandi yang menunjukkan penempatan pasukan yang siap tempur.
  5. Motif tanaman seperti buah jeruk, buah gowok, dan Sungai Serayu, Parang Angkik dan Motif lung terinspirasi dari lekukan ranting-ranting pohon. Tema tumbuh-tumbuhan banyak digunakan sebab sebagian besar masyarakat Maos adalah petani. Membatik merupakan kegiatan selingan sambil menunggu musim panen tiba.
  6. Lar Buntal: Misi pembagian wilayah/pembagian tugas.
  7. Andaindi: tingkatan/ struktur organisasi dan pembagian wewenang.
  8. Blarak sineret: kebersamaan. Kemenangan dalam perjuangan tidak hanya dicapai oleh salah satu orang atau salah satu pihak saja, tapi ada pihak-pihak lain yang juga turut andil.
  9. Tirto Tejo Ceplok Wijayakusumamotif khas bunga wijayakusuma sebagai simbol kota cilacap.

Batik maos juga cocok dijadikan sebagai oleh – oleh jika anda berkunjung ke cilacap.

Source Makna Motif Batik Maos Kabupaten Cilacap Jawa Timur Batik Cilacap yang Keren, Cantik dan Unik
Comments
Loading...