5 Keunikan Batik Nusantara

0 34

5 Keunikan Batik Nusantara

Popularitas batik cenderung meningkat dan banyak barang-barang yang dipromosikan di pasaran mengandung motif batik yang tentunya menjadi semakin menarik. Motif batik setiap daerah di Indonesia juga berbeda-beda dan memiliki ciri khasnya sendiri. Tapi tahukah kalian bahwa batik memiliki fakta-fakta unik yang tidak dimiliki oleh bahan jenis lain?

1. Asal kata batik

Batik sendiri berasal dari gabungan dari 2 kata Bahasa Jawa, yaitu Amba dan Nitik. Amba artinya menulis, sedangkan nitik artinya titik. Ternyata kata batik dikenal sebagai hand dyeing dalam Bahasa Inggris, yang secara langsung artinya adalah pewarnaan dengan tangan.

2. Warisan Budaya Dunia

Ternyata, pamor batik sebagai warisan budaya dunia bukan sekedar isapan jempol belaka! Batik itu secara resmi terdaftar di UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk kategori Masterpieces of  The Oral and Intangible Heritage of Humanity. Selain itu, yang terdaftar sebagai warisan kemanusiaan tidak hanya produknya semata, tetapi juga teknik, teknologi, motif dan budaya terkait. Tahukah anda kapan hari batik sedunia? 2 Oktober! Mengapa? Karena pada tanggal 2 Oktober 2009, batik secara resmi melengkapi daftar UNESCO sebagai warisan dunia.

3. Populer diantara artis-artis internasional

Popularitas batik ternyata tidak hanya di kalangan artis nasional, tetapi telah menjamah secara internasional loh. Beberapa artis yang telah menggunakan batik di acara-acara mereka antara lain Heidi Klum, Jessica Alba, Jacky Chan dan Julia Roberts. Tidak hanya artis, pengusaha seperti Bill Gates dan seorang Presiden dari negara adikuasa, Barrack Obama bahkan telah tersorot di kamera saat mengenakan batik.

4. Debut pertama batik dalam kancah internasional

Tahukah anda kapan batik pertama kali diperkenalkan di dunia internasional? Ternyata batik pertama kali menunjukkan eksistensinya di dunia internasional pada konferensi PBB yang dihadiri oleh Presiden Soeharto.

5. Festival Batik di Tanah Air

Batik Indonesia juga telah diperingati dalam berbagai festival nasional di Indonesia. Festival-festival yang terkenal antara lain: Festival Batik Nusantara, Solo Batik Carnival, Solo Batik Fashion, Festival Batik Pekalongan, Festival Batik Semarang, Festival Batik Jawa Timur, Festival Batik Jawa Barat, Festival Batik Kontemporer, Festival Batik Nasional, Pekan Batik Nasional, Pekan Batik Internasional, dan Indonesia World Batik Summit.

Batik memiliki fakta-fakta yang sangat penting di Indonesia, khususnya dari perspektif sejarah. Tentu sebagai warga negara, kita bangga memiliki kesenian tradisional dalam bentuk sandang yang keindahannya diakui dunia.

Source https://www.piucraft.com/ https://www.piucraft.com/blog/5-keunikan-batik-nusantara
Comments
Loading...