5 Cara Tampil Elegan dengan Batik Untuk Para Cowok

0 31

5 Cara Tampil Elegan dengan Batik Untuk Para Cowok

Kain tradisional Indonesia satu ini sudah terdaftar di UNESCO sebagai “Oral and Intangible Heritage of Humanity”Peringatan hari batik juga ada, yaitu setiap tanggal 2 Oktober, yang merupakan peringatan Hari Batik sebagai warisan budaya. Jadi, apakah kamu masih enggan memakai batik karena takut kurang stylish?

Lebih baik jangan enggan lagi, karena tips memakai batik akan dibeberkan supaya kamu generasi muda tetap tampil bergaya dengan kain unik khas nusantara ini.

Biar kegantenganmu terjaga bahkan bertambah, pilih ukuran yang pas

Gaya dalam mengenakan kemeja batik juga harus diperhatikan. Mengenakan kemeja batik pria nggak dimasukkan ke dalam baju, tetapi dikeluarkan. Ukuran juga menjadi penting di sini, karena untuk meningkatkan kegantenganmu. Jadi, pilih yang pas di badan. Gak kebesaran dan gak terlalu kecil.

Batik identik dengan orang tua. Jadi, pilih warna yang terang supaya terlihat fresh!

Penentuan warna juga menjadi patokan untuk kamu generasi kaum muda. Pilih warna yang cerah supaya gak tampak tua, warna yang cerah bakal terlihat segar jika dipandang.

Motifnya jangan terlalu rame, yang minimal saja

Sebenarnya sah-sah saja menggunakan baju batik dengan banyak motif. Kain batik memiliki berbagai macam motif, karena diproduksi hampir di semua wilayah di Indonesia. Namun, motif yang banyak akan membuat kemeja menjadi mencolok.

Saran selanjutnya adalah, pilih juga motif yang sesuai daerah asal kamu, supaya banyak perbedaan batik di kalangan masyarakat. Ingat! Semakin banyak motif batik yang digunakan, maka semakin juga memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia.

Biar gak saltum, bedakan mana yang santai dan mana yang formal

Batik sangat luwes saat dikenakan. Namun, harus dibedakan pula penggunaan batik untuk kegiatan resmi maupun gak resmi. Untuk resmi, sebaiknya mengenakan batik lengan panjang dengan warna dasar yang cerah. Kemudian, untuk yang non-formal atau kasual lebih baik menggunakan batik tulis lengan pendek, dikombinasikan dengan jeans. Dijamin, kece abis!

Harga juga harus masuk dalam perhatian jika kamu ingin membelinya

Sebenarnya, ini gak terlalu penting. Mau harganya murah atau mahal, tetapi jika empat tips di atas sudah terpenuhi, yakin pada diri sendiri pasti akan menambah kegantengan.

Semoga setelah baca tips ini kamu langsung pakai batik.

Source https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/men/style/riyan-sumarno/cara-tampil-elegan-dengan-batik-c1c2/full
Comments
Loading...