5 Cara Mengatasi HP Lemot Agar Kinerja HP Semakin Cepat

Pernahkah merasakan performa ponsel yang menjadi lebih lambat dari biasanya? Tentunya hal yang terlihat sepele ini jika dibiarkan lambat laun akan semakin parah. Memiliki HP yang lemot akan menghambat akses program di dalamnya. Adapun cara mengatasi HP lemot sebenarnya cukup mudah, asalkan pengguna bisa menerapkannya dengan benar.

Ketika biasanya mengakses aplikasi, program maupun data dalam HP hanya memakan waktu beberapa detik, HP yang lemot bisa memakan waktu lebih lama. Pengguna harus pintar-pintar mencari cara mengatasi hal tersebut sehingga kinerja ponsel kesayangan dapat kembali normal. Melalui situs avandaalvin.com pengguna bisa menemukan berbagai tutorial salah satunya tips mengatasi HP lemot seperti di bawah ini:

1. Sediakan Memori yang Luas

Sudah bukan rahasia lagi bahwa penyebab HP menjadi lemot adalah banyaknya file menumpuk sehingga membuat memori penuh. Jika pengguna merasa semua data dalam ponsel masih digunakan, cara mengatasi HP lemot karena permasalah ini adalah dengan menyediakan memori yang lebih luas.

Apabila memori internal sudah tidak memadai, sediakanlah memori eksternal sebagai ruang penyimpanan pembantu agar kinerja ponsel lebih baik. Pengguna juga perlu menyortir program hingga data yang tidak lagi digunakan sehingga mampu mengosongkan ruang sedikit demi sedikit. Memori yang terlalu penuh bukan hanya menyebabkan HP menjadi lemot namun, kualitas internet yang masuk pun akan terganggu.

2. Rajin Menghapus File Sampah

Pada dasarnya yang membuat memori penuh bukan hanya banyaknya aplikasi maupun data pada ruang penyimpanan. Tanpa disadari, banyak file sampah atau cache yang menumpuk tanpa pembersihan dan ikut menjadi penyebab memori penuh. Oleh karena itu, jangan heran jika pengguna sudah menghapus banyak data namun ruang masih saja terasa sesak.

Hal di atas dapat terjadi karena data cache masih bersarang pada memori ponsel. Walaupun berguna untuk mempersingkat proses load ketika membuka aplikasi, cache yang tidak pernah dibersihkan akan menumpuk dan menimbulkan masalah. Hapuslah cache secara rutin melalui menu pengaturan atau menggunakan aplikasi penghapus cache yang banyak tersedia di toko aplikasi.

3. Kurangi Penggunaan Widget dan Shortcut pada Layar Depan

Cara mengatasi ponsel lemot selanjutnya adalah menghapus widget yang tidak terlalu penting pada homescreen. Meski dapat membuat tampilan depan ponsel lebih bergaya, penggunaan widget yang berlebihan ternyata memakan RAM lebih banyak. Selain widget, shortcut atau jalan pintas aplikasi juga ikut menyebabkan HP lambat. Untuk itu, buang hal-hal yang tidak perlu tersebut dan utamakanlah performa ponsel.

4. Tingkatkan Versi Software tanpa Menunda

Demi memberikan pengalaman yang lebih baik pada pengguna developer sistem atau aplikasi seringkali memperbaharui program buatannya. Oleh karena itu, program pada ponsel pengguna pun harus ikut di-upgrade agar sesuai dengan versi yang telah ditingkatkan sang developer. Memiliki versi terbaru juga akan membantu kinerja semakin baik ketimbang membiarkan software tanpa update dalam waktu lama.

5. Ganti Aplikasi dengan Versi Lite

Beberapa aplikasi memang sangat dibutuhkan dan tidak mungkin untuk dihapus. Sayangnya, banyak dari aplikasi penting yang menyedot banyak ruang sehingga memori cepat penuh dan sesak. Untuk mengatasi hal tersebut gunakanlah aplikasi serupa dengan versi Litenya jika sudah tersedia. Versi Lite memiliki ukuran yang lebih kecil dari versi biasa dengan fitur di dalamnya yang masih sama.

Itulah cara mengatasi HP lemot yang dapat segera dipraktikkan agar kinerja ponsel cepat kembali. HP lemot selain menyebalkan, akan membuang waktu untuk menjalankan perintah di dalamnya. Jika ponsel sudah terlalu lemot, pengguna bisa melakukan reset ponsel untuk mengembalikannya ke pengaturan default sehingga HP terasa baru lagi.

Leave a Comment