Batik Khas Maluku Banyak Disukai Oleh Wisatawan

0 1.794
Batik Maluku

Selain kaya akan rempah-rempah, Maluku juga memiliki kebudayaan berupa kain batik atau sering disebut dengan Batik Maluku. Batik Maluku memiliki ciri khas sesuai dengan daerah itu sendiri. Wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara saat liburan banyak berkunjung ke kota Ambon provinsi Maluku. Pengunjung tidak hanya menikmati keindahan alam saja tetapi  wisatawan yang datang kerap membeli batik sebagai oleh-oleh. Tak hanya warga Maluku, namun juga warga luar daerah juga minat terhadap batik ini.

Batik Maluku merupakan persembahan warga Maluku untuk menghadirkan ragam motif khusus dari adat budaya di tanah Maluku. Peminat batik dengan ciri khas Maluku, yakni pala, cengkih, parang, dan salawaku bukan hanya warga Maluku, peminat batik berasal dari daerah lain seperti Kalimantan, Papua, Jakarta, bahkan Belanda dan Jepang. Batik khas Maluku sampai saat ini peminatnya makin meningkat. Selain itu, dari pemerintah bersama dengan para pengrajin batik ini selalu melakukan upaya agar batik khas Maluku bisa dikenal dan diterima oleh semua masyarakat.

Ditambahkannya, motif batik yang tersedia yakni pala dan cengkeh, parang dan salawaku yang dijual tidak hanya berbentuk kain batik, tetapi ada juga kemeja pria, blus wanita, jas dan baju khas Maluku “Baniang” serta pakaian pesta.

Kisaran Harga Batik Maluku

Harga yang ditawarkan bervariasi yakni kemeja dan blus berkisar Rp.125.000 – Rp.150.000, jas dan baniang Rp 400.000 – Rp.500.000 baju pesta ditawarkan dengan harga Rp 500.000, sedangkan kain batik dijual Rp .60.000 hingga Rp.125.000 per meter. Beberapa instansi di pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Maluku telah menggunakan batik ronawiska sebagai seragam kantor. pemerintah daerah dapat membantu pihaknya dan pengusaha batik  lainnya mensosialisasikan batik Maluku kepada PNS maupun para tamu yang berkunjung di daerah ini. Perhatian pemerintah untuk menjadikan hari berpakaian batik dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha serta melestarikan budaya daerah melalui batik khas Maluku.

Source Batik Khas Maluku Banyak Disukai Oleh Wisatawan Ronawiska, Batik Khas Maluku yang Digandrungi Wisatawan
Comments
Loading...