Motif Batik Candi Borobudur

0 285

Tidak kalah menarik, batik yang berasal dari Kecamatan Gunung Pring, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Motif batik yang selalu mengandung unsur alam, dari motif pegunungan, daun, pohon bambu, kayu dan sebagainya.Meski bukan daerah sentra batik, seperti Pekalongan dan Solo, namun Magelang rupanya mempunyai beragam jenis batik yang khas sesuai dengan tempat produksinya. Misalnya, batik asal Kota Magelang, motif yang ada terinspirasi dari nama kampung dan ikon budaya yang ada di sana. Salah satu Motif batik ini yaitu Motif Candi Borobudur.

Batik dengan Motif Candi Borobudur itu bahkan menjadi pakaian wajib dikenakan para pengunjung Taman Wisata Candi Borobudur. “Semua bahan hingga pewarnaan menggunakan bahan alami. Seperti bahan-bahan pelepah pisang dan serat nanas. Sedangkan untuk pewarnaan menggunakan sari daun mangga, daun jambu dan kunyit. Bahan – bahan tersebut mempuyai kualitas yang bagus dalam proses pewarnaan pada kain batik.

Harga yang dibanderol pun terjangkau mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta per potong. Setidaknya ada 6 perajin batik turut dalam pameran. Keenamnya perajin batik asal Kota dan Kabupaten Magelang. Mereka menampilkan aneka batik yang mayoritas berupa batik tulis. Batik berbahan alami ini yang tengah banyak diminati masyarakat.lebih menyukai batik-batik dengan unsur alam. Karena warna yang lebih lembut, ramah lingkungan dan aman untuk kulit.

Warna kain agar tidak mudah pudar , perawatannya dengan menggunakan sabun khusus yang dibuat dengan bahan dasar lerak ataupun shamposebagai bahan pencuci, tidak diperas, dan tidak dijemur dibawah terik matahari langsung. Apresiasibatik magelang menjadikan semangat baru didalam berkarya untuk melestarikan budaya Indonesia. Semoga batik semakin dikenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.

 

Source Proses Pewarnaan Batik Magelang Menggunakan Bahan Alami Kompas.com
Comments
Loading...