Upaya Dalam Meningkatkan Kerajinan Batik Di Lumajang Jawa Timur

0 293

Motif Batik Lumajang jenisnya bermacam – macam, Salah satu motif yakni, Motif Lumajang.  Motif atau corak tersebut cukup dominan. Pada proses pewarnaan, Motif Lumajang masih menggunakan warna – warna yang alami, sedangkan warna yanyg paling banyak digunakan adalah warna turqoise, seperti warna yang berasal dari tumbuhan manggis maupun pisang, warna-warna alami dan khas ini merupakan warna yang khas dari Batik Lumajang. Batik Lumajang merupakan batik tulis asli daerah Kabupaten Lumajang. Dimana untuk motif dan corak warna dari batik adalah sesuai dengan kondisi masyarakat Kabupaten Lumajang.

 

Batik Lumajang bermula dari kegemaran seorang warga Lumajang yang suka membuat batik sendiri, tepatnya di daerah Bentengrejo, Kunir Kidul Kabupaten Lumajang, sehingga daerah tersebut menjadi kampung batik. Ada yang mengatakan kampung batik ini sempat mengalami kejayaan di era Orde Baru. Tetapi ada juga yang mengatakan kejayaan itu terjadi sebelum 1960. Berawal dari latar belakangnya yang hobi membatik, kemudian dia mengajak para pemuda dan masyarakat sekitar untuk membentuk kelompok batik.

 

Di Kampung Batik ini, terdapat beberapa kelompok pengrajin yang bekerja kreatif untuk mengembangkan kerajinan batik. Namun, yang menjadi persoalan adalah industri kreatif berupa kerajinan batik ini, masih perlu dukungan melalui even promosi untuk memperkenalkan produknya. Sentra batik ini ada di beberapa kecamatan yaitu Tempeh, Sukodono, dan Yosowilangun. Bahkan di Dusun Genitri, Kecamatan Rowokangkung yang berbatasan dengan Kabupaten Jember mulai muncul sebagai sentra kerajinan batik. Dan, daerah-daerah inilah yang kemudian muncul sebagai Kampung Batik di Lumajang. Batik – batik lumajang diikut sertakan dalam berbagai macam even, salah-satunya, dengan mewajibkan PNS di lingkungan Pemkab Lumajang untuk mengenakan Batik Lumajang di hari tertentu.

 

Source Upaya Dalam Meningkatkan Kerajinan Batik Di Lumajang Jawa Timur Batik Lumajang
Comments
Loading...