Kombinasi Batik Cap Dan Tulis

0 550

Pada perkembangan lebih lanjut, saat ini mulai dikenal suatu metode baru yang menghasilkan batik print malam. Batik print malam merupakan perpaduan antara sablon dan batik. Pada metode ini, materi yang dicetak ke atas kain bukan pasta sebagaimana pada teknik sablon tetapi berupa lilin batik. Selanjutnya kain tersebut mengalami proses pencelupan (pewarnaan) sebagaimana pada proses pembuatan batik tulis dan/atau batik cap. Jika ditinjau dari sisi definisi batik, maka batik print malam dapat dikategorikan sebagai batik sebagaimana batik tulis dan batik cap.

Batik cap kombinasi tulis adalah teknik pembuatan batik yang dilakukan dengan kombinasi proses batik tulis murni dan batik cap. Saat ini para perajin batik melakukan inovasi dengan mengombinasikan antara proses batik cap dengan batik tulis. Setelah sepotong kain melalui beberapa tahap selama pemalaman dengan canting cap dan pewarnaan, kain batik kembali ditulis malam (wax) dengan canting tangan untuk memperhalus motif. Proses ini kemudian dikenal sebagai proses batik cap kombinasi tulis. Batik jenis ini memang lebih eksklusif dari batik cap, namun tetap tidak se-eksklusif batik tulis jika dilihat dari tingkat kerumitan dan lama proses pembatikan-nya.

Batik kombinasi juga merupakan perpaduan dari batik tulis dan batik cap. Batik kombinasi dibuat dengan tujuan untuk mengurangi kelemahan-kelemahan pada produk batik cap, seperti motif motif besar dan seni coretan tangan. Proses pembuatannya cukup rumit, terutama pada saat penggabungan antara motif yang ditulis dan motif yang di cap sehingga efisiensinya rendah karena tingkat kesukarannya hampir sama dengan batik tulis tetapi nilai seni produknya disamakan dengan batik cap.

Source Kombinasi Batik Cap Dan Tulis Batik Kombinasi
Comments
Loading...