Batik Kebumen

0 245

Batik Kebumen merupakan batik yang pembuatannya  sudah ada pada ratusan tahun yang lalu, akan tetapi pada cerita sejarah dari batik ini masih simpang siur dan belum jelas akan asal usulnya. Banyak yang mengatakan bahwa media dari batik ini berasal dari keraton Yogya, namun sebenarnya tidak jelas kebenarannya tentang hal ini.

Pembuatan batik di wilayah Kebumen sudah di kenal sekitar abad ke XIX yang pada saat itu di bawa oleh pendatang dari Yogya yaitu dalam rangka dakwah Islam, salah satunya yaitu Penghulu Nusjaf.  Beliau ini yang kemudian mengembangkan seni batik di Kebumen dan tempat pertama yang digunakannya untuk menetap adalah sebelah Timur Kali Lukoso, dan sekarang pun masih ada peninggalannya yaitu masjid atas usaha beliau. Dalam proses pembuatan batik pertama di Kebumen dinamakan teng – abang atau blambangan dan kemudian selanjutnya proses yang  terakhir dikerjakan di Banyumas atau Solo. Pada sekitar awal abad ke-XX untuk membuat polanya dipergunakan kunir yang capnya terbuat dari kayu. Pemakaian cap dari tembaga dikenal sekitar tahun 1930 yang dibawa oleh Purnomo dari Yogyakarta. Adapun motif motif batik Kebumen seperti, pohon pohon, nurung burungan. Bahan yang yang di gunakan untuk pewarnaanya adalah pohon pace, kemudu (mengkudu) dan nila tom. Daerah pembatikan di Kebumen ialah didesa: Watubarut, Seliling, Tanuraksan, Mirit, dan masih banyak di beberapa desa lainnya.

Warna batik klasik kebumen masih didominasi warna coklat dan hitam yang merupakan ciri khas warna pada batik jawa tengah, hanya saja terdapat beberapa perpaduan warna seperti biru tua,hijau tua, dan kuning pada batik ini. Batik kebumen memang masih jarang terdengar atau jarang terlihat dibandingkan dengan tetangganya Jogja, Solo dan Pekalongan, tetapi meski demikian tingkat perkembangannya kian meningkat dengan seiringnya berjalannya waktu. Banyak kemungkinan batik ini jarang terlihat mungkin karena masalah pemasaran dan waktu pembuatannya yang relatif lama, karena kebumen mempunyai motif yang cukup rumit. Batik kebumen memang cantik dan menawan hati, dengan ragam motif yang memanjakan mata tidak heran kalau peminat batik ini pun bertambah baik dari dalam dan luar negri seperti penjelasan diatas.

Source Batik Kebumen Batik Peranakan
Comments
Loading...