Memanfaatkan Bahan Alam Sebagai Motif Pada Kain Batik Jombang

0 244

Motif batik Jombang pada awalnya menggunakan motif alam sekitar, seperti motif bunga melati, tebu, cengkeh, pohon jati dan lain sebagainya. Setiap motif yang diciptakan biasanya diberi nama. Motif Batik Tulis Khas Jombang diambil dari salah satu Relief Candi Arimbi yang terletak di desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Candi Arimbi merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit. Candi peninggalan Majapahit inilah yang kemudian dijadikan referensi untuk pembuatan motif pada kain batik, dan warnanya pun memakai dasar merah dan hijau yang merupakan warna khas Jombang. Model candi yang melambangkan pintu gerbang masuk Kerajaan Majapahit. Sedang motif yang dikembangkan berupa motif tawang dan kaning dengan warna dasar yang menekankan pada kehijauan dan kemerahan. Proses pembuatan batik Jombang secara umum yaitu sama dengan proses batik di daerah lain di Indonesia. Proses pembuatan batik Jombang menggunakan teknik batik tulis  batik skrin atau printing, dan batik ikat. Kain yang digunakan juga beragam, seperti kain katun, ATBM, sutra, primisima.

Dilihat dari fungsinya batik mempunyai fungsi yang sama dengan kain batik pada umumnya. Batik Jombang digunakan untuk pakaian harian, terutama untuk baju atau pakaian – pakaian resmi. Jika dilihat dari bahan dan harga kain batik Jombang termasuk kedalam golongan kain yang mempunyai kualitas yang tinggi, sehingga kain batik tidak digunakan sebagai pakaian untuk kerja kasar ataupun sebagai pakaian tidur. Secara khusus batik Jombang digunakan untuk seragam para pegawai di Jombang setiap hari Jumat ataupun Sabtu. Mulai 2006/2007 digunakan juga untuk para Pelajar Tingkatan1 dan Tingkatan 4, pada hari Rabu dan Kamis.

Salah satu  kedai batik di Jombang yang aktif memasarkan kain batik khas Jombang atau Batik Jombangan yaitu kedai batik Sekar Jati Star, kedai tersebut adalah milik Ibu Hj. Maniati di desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Source Memanfaatkan Bahan Alam Sebagai Motif Pada Kain Batik Jombang Pusaka Jawatimuran
Comments
Loading...