Batik Dari Kota Ukir Jepara Jawa Tengah

0 543

Batik merupakan salah satu hasil dari kebudayaan asli Indonesia. Batik telah diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Berbagai macam motif batik indonesia menjadi ciri khas yang dapat mempersatukan rakyat indonesia. Batik dapat dikenakan dalam berbagai acara misalnya acara nikahan maupun acara – acara tertentu. Di kampus – kampus maupun kantor Indonesia juga marak sekali pemakaian batik yang biasanya diadakan khusus untuk hari jumat.

Jepara sebagai kota kelahiran RA. Kartini ini terletak di ujung utara pulau Jawa, tepatnya di Propinsi Jawa Tengah. Jepara lebih dikenal dengan sebutan Kota Ukir. Tak banyak yang mengetahui jika Jepara juga memiliki kerajinan berupa kain batik. Memang batik Jepara tidak berkembang pesat seperti batik dari daerah lain. Mungkin sebagian orang lebih mengetahui potensi tekstil yang lain, yaitu berupa kain tenun ikat troso.Seni batik di Jepara telah ada sejak jaman Kartini, sehingga banyak yang menyebutnya Batik Kartini.

Motif Batik Jepara yang berkembang awalnya berupa motif bunga kantil, Parang Gondosuli, dan motif Srikaton. Motif-motif tersebut bergaya Mataraman, namun berbeda dengan yang ada di Solo dan Yogyakarta yang lebih masyhur dengan istilah Srigunung. Selain itu motif lainnya berupa lung hitam sogan, flora fauna semacam gajah coklat, srikandi, kembang alas, daun ulir putih, bunga hijau dan ungu, kembang setaman, elung bimo kurdo, sido arum, dan lain sebagainya.

Ada pula motif baru yang khas, yakni Sekar Jagat Bumi Kartini. Motif ini terinspirasi dari motif Sekar Jagat yang sudah ada namun terdapat nuansa yang berbeda pada garis pembatasnya yang berupa stilisasi bunga melati. Harapan simboliknya, batik yang ada di Jepara ini diharapkan dapat dikenal ke seluruh penjuru negeri dan lebih dikenal masyarakat

Harus diperhatikan saat ini dimana generasi penerus yang harus perhatian pada batik. Pemkab Jepara mengupayakan pendaftaran hak cipta untuk karya batik khas Jepara sudah dilakukan. Upaya memperluas pengenalan batik, terutama untuk kalangan pelajar di sekolah juga salah satu upaya memperluas dalam perkenalan batik.

Source Batik Dari Kota Ukir Jepara Jawa Tengah Batik Indonesia
Comments
Loading...