Motif Batik Cual Kepulauan Bangka Belitung

0 2.158

Ciri khas batik adalah adanya ragam hiasan pada lembar kain yang disusun dengan cara ditulis, dicap ataupun gabungan dari keduanya sedemikian rupa hingga membentuk satu kesatuan rancang desain atau pola. Secara tradisional, pola dan motif dikelompokkan berdasarkan gaya dan bentuk. Bangka belitung mempunyai kain batik dengan kekhasan yang sangat beragam salah satunya adalah motif cual. Kain Cual bangka Belitung adalah kain tradisional daerah penghasil Timah. Menurut cerita tepatnya pada abad ke-17, kain ini pertama kali diperkenalkan oleh kakek buyut pendiri toko kain Cual Ishadi yang berada di Pangkal Pinang. Kain ini hampir serupa dengan songket Palembang, bentuknya serupa dengan songket mengindikasikan adanya pengaruh dari kebudayaan Melayu.

Motif kain cual yaitu dengan ragam kembang kenanga, bebek, ubur – ubur, merak, kembang rukem dan kembang setaman. Sehingga kain ini memiliki warna motif yang khas yaitu bermotif flora dan fauna. Untuk pembuatan kain cual ini bisa dikatakan cukup rumit, bahan-bahannya pun bisa dibilang unik dan mahal. Bahan-bahan pembuatan kain ini adalah polyster, sutra, katun, serat kayu dan ada juga yang memakai benang emas seberat 18 karat. Kain yang pengerjaannya biasanya dilakukan oleh kaum ibu-ibu untuk mengisi waktu luang ini seringkali dijadikan pakaian kebesaran di kalangan bangsawan, pakaian pengantin dan pakaian kebesaran lainnya. Corak yang terdapat didalam Kain Cual Bangka merupakan keunikan tersendiri yang bisa menjadi daya tarik dan pembeda untuk diklasifikasikan sebagai batik yang banyak dimiliki oleh daerah-daerah lainnya. Kain cual merupakan warisan budaya khas Bangka yang secara turun temurun dimulai dari abad ke 18 oleh karena itu ciri khas dari kain cual dapat dilihat motifnya yang berbeda dengan kain batik yang lain. Namun bukan hanya motif yang berbeda tetapi proses pembuatannya juga menggunakan teknik tenun yaitu perpaduan antara teknik tenun sungkit dan tenun ikat dan juga menggunakan benang emas.

Batik  cual biasa digunakan sebagai pakaian khas bangka yaitu baju seting, yaitu baju atasan khas Bangka, yang bentuknya serupa dengan baju kurung, berbahan sutera atau beludru. Batik cula ini khususnya didaerah bangka sudah dijadikan seragam dibeberapa sekolah maupun kantor pemerintahan setempat.

Source Motif Batik Cual Kepulauan Bangka Belitung ceritakain.com
Comments
Loading...