40 Model Pamerkan Batik Khas Kulon Progo

0 207

40 Model Pamerkan Batik Khas Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo mengadakan acara Fashion show desain batik yang bertempat di halaman Gedung Binangun Kulon Progo. Dalam acara ini mengusung motif andalan Bumi Menoreh, Geblek Renteng dan Galaran serta Grinsing. Setidaknya sebanyak 40 model berbalut batik khas Kulon Progo malam itu mampu menyajikan motif-motif yang mempesona dan eksotis. Di hadapan para tamu undangan perwakilan kontingen Porda XIII DIY yang bergabung dalam gala dinner bersama bupati, para model itu mempertontonkan desain batik hasil pengembangan perajin Kulon Progo.

Pemilik Sinar Abadi Batik yang memotori peragaan busana tersebut, Puryanto, mengatakan gelar fashion show itu berusaha mengangkat motif batik dari dua sisi. Pertama motif Geblek Renteng yang kini memang sedang naik daun. Kedua berusaha kembali mengingatkan masyarakat bahwa Kulon Progo memiliki motif warisan nenek moyang berupa Galaran dan Grinsing. Dua motif terakhir sudah lebih dulu tapi seperti dilupakan masyarakat. Motifnya memanjang dan bulatan kecil. Untuk Geblek Renteng berupa angka delapan.

Dengan fashion show Batik khas Kulon Progo tersebut bakal kembali terangkat. Bahkan menampilkan tiga motif itu melalui lenggak-lenggok model yang terbagi dalam empat kategori, yaitu pegawai, remaja, ibu muda dan casual. Penampilan para model dalam balutan batik pun mampu memeriahkan gala dinner malam itu. Ditambah permainan lampu dan musik yang berdetak dengan ritme cepat, suasana pun menjadi kian semarak. Gelar fashion show batik tersebut menjadi salah satu upaya melestarikan batik.

Batik merupakan kekayaan budaya Indonesia yang harus tetap dijaga diteruskan generasi saat ini. Model fashion batik, Rita Purwaningrum, mengaku cukup menikmati berjalan dengan busana batik. Terlebih, dengan Batik Motif Geblek Renteng khas Kulon Progo, dia ikut merasa bangga karena ternyata Bumi Menoreh memiliki kekayaan yang unik dan menarik.

Source 40 Model Pamerkan Batik Khas Kulon Progo Batik
Comments
Loading...