4 Tempat Belajar Membatik di Jakarta

0 23

4 Tempat Belajar Membatik di Jakarta

Jakarta yang terkenal dengan kota metropolitan, ternyata memiliki tempat untuk belajar membatik. Mau belajar membuat batik? Di sini tempatnya. Tidak perlu jauh-jauh jika ingin belajar dan bisa membatik. Di Jakarta pun bisa melakukannya. Ada beberapa tempat belajar membatik yang bisa Anda kunjungi. Ini 4 tempat belajar membatik di Jakarta. 

Kampoeng Batik Palbatu

Ini adalah sebuah kawasan yang dikembangkan untuk melestarikan dan mengembangkan batik yang telah diakui dunia sebagai warisan budaya asli Indonesia. Kampung ini digagas oleh Budi Darmawan dan Budi Dwi Haryantopada tahun 2011. Di sini, Anda bisa belajar membatik di Sekolah Batik Palbatu. Materi yang diajarkan berupa pengetahuan tentang batik Indonesia dan praktek membuat batik mulai dari membuat pola, mencanting hingga mewarnai. Alamat Kampoeng Batik Palbatu, Jalan Palbatu IV No. 17, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

Museum Layang-Layang

Meskipun museum ini menampilkan koleksi layang-layang, tapi bisa juga menjadi tempat belajar membatik. Anda bisa bergabung di workshop membatik di museum ini. Untuk bisa mendaftar di kelas membatiknya, Anda harus berkelompok atau mengumpulkan peserta minimal sepuluh orang. Workshop ini terbuka untuk anak-anak mulai dari usia sepuluh tahun sampai orang dewasa. Alamat: Museum Layang-Layang, Jalan H. Kamang No 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Museum Tekstil Jakarta

Museum ini bisa dikatakan sebagai rumah bagi koleksi kain nasional. Tempat ini tidak hanya menyimpan koleksi batik yang indah dari berbagai daerah di Indonesia. Di Museum Tekstil Jakarta, Anda juga bisa belajar membatik dalam sebuah workshop yang diadakan oleh museum ini. 

Workshop ini akan mengajarkan Anda cara menggambar pola batik, menggunakan canting dan mewarnai kain batik. Ada dua jenis kursus di sini, yaitu kursus kilat dan kursus lanjutan. Kalau kamu tertarik belajar membatik di Museum Tekstil Jakarta. Alamat: Museum Tekstil Jakarta, Jalan Aipda KS Tubun No 2-4, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kampong Batik Betawi Terogong

Batik Betawi Terogong didirikan oleh Siti Laela atas dasar keinginan untuk menghidupkan kembali batik yang pernah ada di Jakarta. Selain itu keberadaan batik Betawi Terogong diharapkan dapat memberdayakan ibu rumah tangga yang di waktu senggangnya  dapat digunakan untuk kegiatan positif, bermanfaat dan produktif.

Di sini, Anda bisa belajar membatik di Sanggar Batik Betawi Terogong. Pesertanya bisa mulai dari pelajar, mahasiswa, orang dewasa, dan masyarakat umum. Di sanggar ini, peserta akan diajarkan cara menggambar, mencanting, dan hasil cantingan akan diwarnai. Alamatnya: Jalan Terogong III No. 27C RT.9/RW.10, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.

Source http://infonitas.com/ http://infonitas.com/kebayoran/laporan-utama/ini-4-tempat-belajar-membatik-di-jakarta/51466
Comments
Loading...