4 Rahasia Batik Pekalongan

0 160

4 Rahasia Batik Pekalongan

Tokoh sekaligus entrepreneur dari Batik Pesisir adalah Failasuf mengatakan rahasia Batik Pesisiran yang ada di Kota Pekalongan yang hingga kini terus bersaing dan mampu bertahan di era digital modern. Ada 4 rahasia tentang Batik Pekalongan antara lain :

  • Pertama, kemajuan dan perkembangan batik pesisiran di Kabupaten Pekalongan karena berjalanya regenerasi pembatik terutama karya seni batik tulis. Pasalnya, jika regenerasi pembatik minim berdampak pada jumlah perajin batik jumlahnya sedikit dan hanya didominasi oleh kalangan lanjut usia. Di Kabupaten Pekalongan, ribuan pembatik yang masih tersisa kini sudah berusia lanjut. Dan saat ini tinggal menyisakan separuhnya saja yang masih membatik. Failasuf sudah menggeluti bisnis batik sejak tahun 1998 ini menyebut regenerasi pembatik khususnya bagi para pemuda dan pemudi harus dilakukan dengan pendekatan yang berbeda. Fasilitas yang diberikan, seperti penetapan gaji yang lebih dari cukup, rekreasi, dan tempat bekerja yang nyaman. Sedangkan jumlah pembatik muda yang bekerja di padepokan batik pesisir jumlahnya sekitar 50 orang.
  • Kedua, terkait karya seni batik menjadi kegiatan ekonomi rakyat yang mempunyai kedudukan, potensi, dan peran strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional. Maka, peran pemerintah daerah kepada perajin batik sangat dibutuhkan terkait modal ataupun pemasarannya.
  • Faktor ketiga terkait modal. “UMKM batik di sini sangat berkembang, karena mereka mudah mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan usahanya. Kalau penasaran saya kira sekarang ini lebih mudah karena sudah online,” kata Failasuf.
  • Keempat, konseptor atau desainer batik Kabupaten Pekalongan juga terus berinovasi baik dari kalangan pemuda yang masih pemula ataupun yang sudah profesional.
Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/3053596/perjalanan-batik-pekalongan-melintasi-zaman
Comments
Loading...