4 Macam Teknik Membatik

0 100
4 Macam Teknik Membatik

Dalam pembuatannya terdapat empat macam cara yang bisa kita lakukan untuk membuat batik:

Teknik Tulis

Teknik ini menggunakan sebuah alat yang disebut canting. Canting biasanya berisi cairan lilin atau malam yang digunakan untuk membentuk pola batik.

Setelah batik dicelupkan dalam larutan pewarna, biasanya akan dilakukan pelorodan untuk menghilangkan lilin atau malam. Hasilnya, bagian yang tertutup malam tidak akan terkena warna sehingga menghasilkan pola kain yang indah.

Biasanya teknik ini memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari pembuatan pola, menunggu malam kering hingga meresap ke kain sampai penjemuran kain setelah diberikan pewarna. Tidak heran harga batik tulis bisa begitu mahal karena membutuhkan ketelatenan dan waktu yang lama.

Teknik Printing dan Cap

Pada teknik ini, alat yang digunakan berupa pelat besi timbul yang sudah berpola. Teknik printing dan cap menggunakan canting cap. Jadi, pembuatan batik hanya tinggal di cap ke kain. Dengan begini, prosel pemalaman lebih cepat dan tidak perlu menggambar pola lagi.

Selain di cap, ada lagi teknik printing. Yang membedakan keduanya adalah ketahan warna dari batik printing yang cepat memudar karena proses pewarnaan hanya dari satu sisi kain. Namun, jelas produksinya lebih cepat hanya dengan menunggu 5 menit langsung selesai.

Teknik Colet

Teknik ini merupakan proses pewarnaan pada batik tulis, teknik colet disebut juga teknik lukis. Jadi, pengrajin akan mewarnai pola batik dengan mengoleskan cat atau pewarna kai. Semakin rumit dan detil gambar yang di hasilkan, semakin tinggi nilai seni dan nilai jual dari batik colet.

Teknik Celup Ikat / Jumputan

Kita juga bisa membuat kain dengan mengikat sebagian kain, lalu celupkan dalam pewarna. Bagian yang diikat biasanya tidak akan terkena warna dan akan membuat kain membentuk pola sendiri.

Ada sebutan lain untuk batik celup ikat di setiap daerah, misalnya di Jawa tengah dan Yogyakarta dikenal dengan tritik, di Banjarmasin sebutannya Sasirangan, di Palembang dikenal dengan istilah pelangi. Sementara di berbagai daerah lainnya teknik ini biasa disebut batik jumputan.

Source https://www.ibigacademy.com https://www.ibigacademy.com/teknik-membatik-paling-gampang-ala-batik-jumputan/
Comments
Loading...