4 Gaya Batik dan Tenun yang Jauhkan Anda dari Kesan Kuno

0 104

4 Gaya Batik dan Tenun yang Jauhkan Anda dari Kesan Kuno

Mode memegang peranan penting dalam penampilan seseorang. Terlebih untuk hari spesial seperti pesta pernikahan. Jika bosan menggunakan gaun atau kemeja yang itu-itu saja, Anda bisa memberikan sentuhan berbeda dengan mengenakan batik atau tenun.

Pada acara Trunk Show bertemakan ‘Celebration’ di Fashion Legacy, Lippo Mall Kemang Jakarta, Selasa (27/11), lima label Indonesia menuangkan karyanya pada tampilan busana gaun mewah yang tak terlepas dari kekhasan Indonesia. Mereka adalah Kekean Wastra, Dhara, meLOOKmel, More to see. Dilengkapi pula dengan aksesoris dari Inanta Amani.

Empat inspirasi busana Natal dan tahun baru yang diwarnai oleh tenun dan batik modern Indonesia

Batik Rhapsody

Batik Rhapsody diusung oleh Dhara yang menampilkan 12 look terbaru mengacu pada estetika siluet, detil, cutting dengan desain sederhana, elegan, dan juga sporty. Uniknya tema Rhapsody ini diadaptasi oleh sebuah film Bohemian Rhapsody, yang sebenarnya lebih mengambil sisi kekiniannya.

Desainer Dhara menggunakan bahan batik Cirebon, Tenun Garut yang dikombinasikan dengan brokat dan satin. Terlihat sejumlah koleksi berpotongan lurus dengan warna cokelat keemasan dan abu keperakan sebagai simbol selebrasi.

Batik Colorful Runway

Bertajuk ‘Colorful Runway’ lewat label More to See, Jessica Febiani sang desainer secara konsisten menggunakan wastra nusantara batik yang didesain menjadi koleksi gaun yang chic untuk dikenakan perempuan dalam berbagai acara. Sebanyak 21 koleksi mengedepankan motif-motif lawas.

Kemudian spesial hadir dengan  busana full color, oleh karena itu dalam satu look terdapat karakter klasik batik colorful. Jessica Febiani juga menyampaikan bangsa Indonesia kaya akan budaya, menceritakan batik bahwa perempuan bisa cantik dan modern.

Batik Motif Bunga Katsuba dan Koi

Mengedepankan ciri khas teknik pewarnaan alam dengan sentuhan warna biru indigo, kayu kuning, dan tunjung. Kekean menampilkan 20 look yang didominasi oleh busana casual. Sang desainer Aam menyampaikan koleksi ini terinspirasi dari motif-motif Bunga Katsuba dan Koi. Diaplikasikan menjadi batik pewarnaan alam. Ia juga melihat bahwa Indonesia kaya akan serat-serat yang bisa dimanfaatkan dalam memproduksi busana. Seperti halnya serat nanas dan serat kayu.

Tenun Tangan Nusantara

Mengangkat tema ‘Ragam Keindahan Tenun Tangan Nusantara’, label MeLOOKmel menampilkan 15 look menggunakan bahan tenun asli dari Baduy, Pekalongan, Kudus, Solo, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara yang diolah menjadi busana ready to wear berdesain modern etnik. Walau semua busana menggunakan bahan tenun, tampilan busana ini terdapat sentuhan Betawi seperti kalung dan buckle. Keseluruhan busana merupakan hasil penenun di daerah-daerah, salah satunya penenun Baduy.

Source https://www.jawapos.com/ https://www.jawapos.com/entertainment/lifestyle/28/11/2018/intip-4-gaya-batik-dan-tenun-yang-jauhkan-anda-dari-kesan-kuno
Comments
Loading...