Sentral Batik Suminar Menjadi Kebanggaan Orang Kediri

0 202

Batik adalah salah satu  warisan budaya asli Indonesia yang patut dibanggakan dan kita perlu untuk ikut serta menjaga dan melestarikannya. Batik merupakan tanda identitas bangsa Indonesia yang mencerminkan semangat bangsa Indonesia . Kota Kediri memang lebih dikenal dengan citra khasnya sebagai kota tahu dan getuk pisang. Kenyataannya Kediri mempunyai potensi yang luar biasa dalam bidang kerajinan batik, dari segi kualitas produk, batik Kediri tidak kalah dengan produk batik dari daerah lainnya.

Salah satu produksi Batik Kediri adalah motif Batik Gumul, yaitu motif batik yang meniru tampilan dari monumen simpang lima gumul yang hanya ada pada kota kediri. Batik ini memiliki keindahan karena bentuknya yang simpel dan lucu . Serta dapat menjadi sebuah ciri khas dari kota kediri . Batik juga termasuk warisan budaya indonesia yang harus dijaga dikembangkan dan dilestarikan oleh semua masyarakat indonesia. Warga Kediri tentunya harus bangga memiliki batik ini dan juga harus lebih mengembangakan motif – motif batik Kediri yang lebih beragam lagi. Selain motif Gumul, ada motif b atik lain yaitu batik bolleches merupakan produk unggulan yang banyak dicari oleh pembeli, karena motifnya yang elegan cocok dengan kepribadian warga kediri yang lemah lembut dan ramah.  Motif ini berupa bulatan – bulatan dan titik – titik.

Salah satu sentral batik yang terkenal di Kabupaten Kediri adalaha batik suminar. Suminarwati Sundoro owner dan creator di Joglo Suminar Batik, sebelum fokus memproduksi batik, dirinya mendirikan butik yang khusus berjualan batik sejak tahun 1984. Kecintaannya pada batik membuatnya bertekad untuk menciptakan berbagai motif batik yang menjadi ciri khas batik Kediri.

Batik-batik yang tersedia di Joglo Batik Suminar Kediri:

  1. Batik tulis, Batik ini dalam proses pembuatannya pembatik menggambar motifnya dengan menggunakan canting semacam pensil yang ujungnya seperti ada kantung tempat malam yang telah dicairkan dan menyambung pada kantung ini ada lubang kecil memanjang seperti kail sebagai tempat jalannya malam. Untuk menghindari kesalahan dalam menorehkan malam, motif batik sebelumnya digambar pada kain dengan menggunakan pensil.
  1. Batik Cap, hampir sama dengan batik tulis, bedanya untuk batik cap ini menggambar motifnya menggunakan plat seperti stempel. Caranya stempel ini dicelupkan ke dalam cairan malam kemudian ditempelkan pada kain yang ingin diberi motif.
  1. Batik Printing, dikenal juga dengan batik sablon, proses pembuatannya mengadopsi teknik sablon pada kaos atau spanduk. Pada batik printing bagian kain yang disablon hanya satu sisi saja, sehingga motif batik seperti ini lebih cepat pudar. Dari segi harga dibanding dengan jenis batik lainnya batik printing terbilang paling murah.

 

Source Sentral Batik Suminar Menjadi Kebanggaan Orang Kediri Hello Surabaya
Comments
Loading...