Kelompok Pengrajin Industri Batik di Purwodadi

0 543

Pengrajin Batik Purwodadi

Puluhan pengrajin yang tersebar di sentro wilayah Purwodadi tersebut memulai kreasi produknya setelah mendapatkan pelatihan atau diklat dari Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi pada tahun 2010. Salah satu dari beberapa kelompok yang masih eksis saat ini adalah KUB Srikandi yang beralamat di Cabean Purwodadi Kabupaten Grobogan. Digawangi oleh lebih kurang 25 orang pengrajin, KUB Srikandi menjadi salah satu kelompok yang kini rutin berproduksi setiap harinya.

Berbekal bahan baku kain primisima serta pewarnaan remasol, KUB Srikandi kini mampu memproduksi batik tulis dengan berbagai motif khas Purwodadi, diantaranya motif jagung, motif padi, motif jati, motif bledug kuwu, motif wayang, dan motif api abadi Merapen. “Dari sekian banyak motif yang kami produksi, motif wayanglah yang menjadi ciri khas kami, dan itu sesuai dengan nama KUB kami Srikandi,” ujar Ibu Listriyani. Meskipun motif batik yang dikreasi antara satu KUB dengan yang lain hampir sama, namun masing-masing tetap memiliki ciri khas tersendiri, terutama corak dan kehalusan cantingannya.

Namun ada suatu kendala dalam usaha batik ini. Kendala tersebut bahwa  masyarakat saat ini lebih suka menggunakan batik printing yang harganya dibawah batik tulis. Bersaing dengan batik printing menjadi tantangan tersendiri, sehingga kami harus menomorsatukan kualitas produk agar bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat. Tetapi ada upaya dari pemerintah khususnya dinas terkait menghimbau dan menjadi kekuatan tersendiri bagi kelompok seperti KUB Srikandi. Bahwa PNS yang ada di lingkup wilayah purwodadi harus memakai batik Grobogan ketika menjalani rutinitas kerja mereka, jelasnya. Kondisi demikian membuat para pengrajin khususnya dari KUB Srikandi semakin bersemangat untuk tetap berkreasi dan melestarikan batik tersebut.

 

Source Kelompok Pengrajin Industri Batik di Purwodadi BisnisUKM.com
Comments
Loading...