Batik Benang Bintik Batik Khas Kalimantan Tengah

0 1.563

Batik Benang Bintik Batik Kalimantan Tengah

Membatik pada hakikatnya sama dengan melukis di atas kain dengan menggunakan canting sebagai alatnya dan cairan malam sebagai bahan untuk melukisnya. Batik pada dasarnya merupakan sebuah karya seni yang universal dan tidak hanya ditemukan di pulau jawa tetapi sudah mendunia. Di Indonesia setiap daerah memiliki jenis batik dengan kekhasan dan keistimewahan masing – masing. Salah satunya adalah batik benang bitik yang merupakan batik khas kalimantan tengah. Penamaan ini diambil dari kata benang yang berarti helaian kain berwarna putih. Sementara kata bintik berarti yang diaplikasikan diatas kain benang tersebut.

Kekhasan pada batik ini terletak pada jenis motif yang mencerminkan kebudayaan Suku Dayak. Meskipun kini sebagian besar Suku Dayak telah memeluk agama resmi di Indonesia, seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha, mereka tidak meninggalkan kepercayaan leluhur yang disebut dengan Kaharingan.
Motif-motif yang dituangkan dalam kain batik diambil dari lukisan-lukisan atau ukiran-ukiran yang biasa digunakan oleh masyarakat Dayak zaman dahulu dalam berbagai ritual atau upacara adat.

Kepercayaan ini berkembang melalui simbol-simbol, batik yang berwujud benda alam di ruang angkasa, bumi, maupun dalam diri manusia. Salah satu wujud dari simbol kepercayaan tersebut adalah Batang Garing atau Pohon Kehidupan yang melambangkan suatu hubungan vertikal antara manusia dengan sang Penguasa (Raying Hatala) dan hubungan horizontal antara manusia dan makhluk lain yang ada di bumi.

Pemilihan Batik Benang Bintik sebagai ciri khas Kalteng berawal dari keinginan pemerintah, yaitu Gubernur Soeparmanto (1989-1994). Pada batik benang titik Pola Batang Garing merupakan pola yang paling banyak dibuat dan juga paling banyak diminati pembeli karena mencerminkan kekhasan batik benang bintik,  ungkap Haliza, salah seorang penjual batik khas Kalteng di Jalan Ahmad Yani. Pohon Kaharingan menjadi ciri khas utama dari motif batik benang bintik di samping motif khas lainnya, seperti motif kawit tuyan, guci, tombak, tameng, balain nihing, dan sebagainya.

 

Source Batik Benang Bintik Batik Khas Kalimantan Tengah Batik Benang Bintik (Batik KAlimantan Tengah)
Comments
Loading...