3 Tempat Belajar Membatik di Jakarta

0 143

3 Tempat Belajar Membatik di Jakarta

Belajar membatik merupakan salah satu cara untuk mengekpresikan rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia. Batik menjadi identitas asli Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization) sebagai salah satu Warisan Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Tetapi di era yang sangat modern seperti sekarang ini, aktivitas membatik justru meredup terutama di Ibu Kota. Jika merasa tertarik untuk belajar membatik, berikut tiga rekomendasi tempat membatik di Jakarta yang perlu diketahu tanpa perlu bepergian jauh. Berikut tempat untuk belajar membatik yang ada di kawasan Jakarta

  • Kampoeng Batik Palbatu

Kegiatan membatik mungkin sudah kurang diminati seiring berkembangnya zaman. Namun salah satu rumah kreatif yang berada di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, menawarkan kegiatan belajar membatik.

Berawal dari rasa khawatir akan lunturnya budaya membatik, serta tidak adanya tempat edukasi membatik di Jakarta, Budi Dwi Hariyanto, bersama kedua rekannya, Budi Irawan dan Bimo akhirnya merealisasikan ide mereka dengan mendirikan sebuah tempat untuk belajar membatik bernama Kampoeng Batik Palbatu.

Selain membuka gerai batik, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat wisata edukasi dan sanggar untuk siapa saja yang ingin belajar membatik. Kegiatan edukasi kreatif membatik ini menjadi kegiatan unggulan yang disediakan oleh Kampoeng Batik Palbatu.

  • Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil Jakarta yang terletak di Tanah Abang merupakan lembaga pendidikan kebudayaan yang berfungsi untuk melestarikan keberadaan tekstil tradisional, salah satunya adalah batik. Museum ini diketahui sebagai rumah koleksi kain buatan negeri sendiri.

Selain menjadi rumah koleksi, museum ini juga membuka kegiatan membatik. Pendopo batik di Museum Tekstil Jakarta merupakan salah satu tempat terbaik untuk belajar membatik. Melalui kegiatan ini, para pengunjung akan diajarkan mengenai pola menggambar batik, hingga menggunakan canting. Selain Pendopo Batik, di komplek museum terdapat Galeri Batik. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai jenis koleksi batik. Mulai dari batik kuno hingga batik kontemporer dari masa ke masa.

  • Sanggar Seni Budaya Jawa Jawi Java

Sanggar Seni Budaya Jawa Jawi Java tidak hanya sekadar studio seni biasa. Berlokasi di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, tempat ini menawarkan beberapa kursus dan kelas untuk mempelajari kebudayaan Jawa, seperti belajar membatik, bermain gamelan, hingga menjadi dalang. Beberapa kelas disediakan, mulai dari kelas untuk pemula hingga lanjutan. Jika ingin mengikuti kelas kilat, pihak sanggar juga menyediakan program one day courseuntuk belajar membatik.

Source https://checkinjakarta.id/ https://checkinjakarta.id/read/3-tempat-belajar-membatik-di-jakarta
Comments
Loading...